Selasa, 24 Juli 2018

Definisi Jaringan Multimedia (Multimedia Network)

Jaringan Multimedia

Untuk mengetahui definisi dari Jaringan Multimedia, maka kita perlu mengerti definisi dari masing-masing kata yaitu Jaringan dan Multimedia.

Jaringan:
Jaringan (Jaringan Komputer) adalah sekumpulan komputer serta peripheral lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam satu kesatuan.

Multimedia:
Multi (Latin) : banyak; bermacam-macam
Media / Medium (Latin): sesuatu yg digunakan untuk membawa/ menyampaikan sesuatu.
Medium  (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan / mempresentasikan informasi.
Jadi, Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan teks, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan tools yang memungkinkan user untuk melakukan navigasi, interaksi, dan komunikasi.

Definisi Multimedia yang lain:
  • Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
  • Kombinasi dari 3 elemen: suara, gambar dan teks. (McComuck, 1996)
  • Kombinasi dari paling sedikit 2 media I/O. Media ini dapat berupa audio,animasi, video, teks, grafik, dan gambar. (Turban dkk, 2002)
  • Multimedia adalah penggunaan bbrp media yg berbeda untuk menyampaikan informasi (teks, audio, grafik, animasi, video, interaktivitas.). Multimedia juga merujuk pada media penyimpanan data, khususnya yang menyimpan konten multimedia. (Wikipedia.org)

Jaringan Multimedia:
Penggunaan komputer yang saling terhubung untuk mengkombinasikan/ menampilkan teks, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi, interaksi, dan komunikasi.

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon