Rabu, 25 Juli 2018

Kursus Keuangan Syariah di IndonesiaX

Kursus Keuangan Syariah : Transaksi-transaksi yang Dilarang Dalam Islam
Selamat datang kembali di blog ini bagi sodara-sodara sekalian. Sodara-sodara sekalian pasti tau ya dengan IndonesiaX..?
IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa.

Oh iya malam ini saya baru saja menyelesaikan Ujian Akhir dari kursus yang saya ikuti di IndonesiaX yaitu "Keuangan Syariah: Transaksi-transaksi yang Dilarang Dalam Islam" dengan kode "MAYBANK101". Kursus ini diselenggarakan oleh Maybank Indonesia, dengan pengajar yaitu Ust. Oni Sahroni.

Pada kursus ini pembahasan meliputi :
  1. Riba
  2. Gharar
  3. Maysir
  4. Risywah
  5. Ihtikar
  6. Bay Najasy
  7. Terjadinya 2 in 1
  8. Jual Beli Utang Piutang (Bay Ad Dain)
  9. Jual Beli ‘inah (Bay Al-‘inah)
  10. Dana / Objek Akad Yang Tidak Halal
Kursus ini dilaksanakan selama 2 minggu, dimulai pada tanggal 06 Juli 2018 - 29 Juli 2018. Pada tangal 6 Juli 2018 saya langsung membuka dan mengikuti kursus dengan materi minggu pertama yaitu Riba, Gharar, Maysir, dan Risywah. Materi disediakan dalam bentuk video dengan penjelasan yang singkat, padat dan mudah dipahami, namun karena memang kelemahan saya ini cepat paham cepat juga lupa jadi mesti simpan baik-baik video materinya supaya ketika butuh penjelasan terkait materi saya tinggal putar ulang videonya. Minggu kedua materinya meliputi Ihtikar, bay Najasy, Terjadinya 2 in 1, Jual Beli Utang Piutang (bay ad Dain), Jual Beli 'inah (Bay al-'inah) dan Dana/Objek Akad Yang Tidak Halal.

Pada setiap minggu ada Tes yang harus dikerjakan dan nilainya nanti akan diakumulasi dengan Ujian Akhir. Soal tes berupa pilihan ganda yang dapat dikerjakan selama kursus belum diakhiri yaitu sampai tanggal 29 Juli 2018. Selain materi dan tes juga banyak fitur lain seperti laman diskusi, progress kursus, download video materi kursus dan download transcript materi kursus.

Setelah hampir 2 minggu berjalan, saya berusaha untuk menyelesaikan setiap tes mingguan dan tes akhir dengan hasil yang pas-pasan ya mudah-mudahan mendapat manfaatlah dari kursus ini. Progress kursus saya terlihat di gambar ini:
Progress Kursus Keuangan Syariah
Ya itulah ceritanya, meskipun nilainya kecil mudah-mudahan membawa manfaat yang besar dalam kehidupan saya... Aamiin..

Oh ya, nanti Tanggal 31 Juli 2018 juga akan dimulai kursus baru di IndonesiaX yaitu "Introduction to Islamic Economics and Finance" dan saya sudah daftar juga di kursus ini. Saya juga berharap sodara-sodara sekalian ikutan daftar ya supaya nanti kita bisa kursus bareng, dan mendapatkan manfaat kebaikan bersama, dan mari kita saling menunjukan kebaikan untuk menjalankan perintah Rasulullah Muhammad SAW.

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).


Salam...


Hari Aspriyono

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon