Kamis, 05 Juli 2018

Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini

Back to School
Anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada Bapak dan Ibunya, sehingga setiap orang tua memiliki kewajiban terhadap anaknya salah satunya adalah mendidik anak atau memberikan pendidikan kepada anaknya. Tentu saja pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang baik menurut agama islam. Namun pada tulisan ini, saya tidak akan menguraikan cara mendidikan anak melainkan hanya berbagi pengalaman dari proses yang sedang kami lalui.
Alhamdulillah Allah SWT telah memberikan amanah kepada kami (saya dan istri) yakni seorang anak perempuan yang luar biasa. Waktu itu kami tinggal di sebuah rumah kontrakan di Kota Bengkulu. Kurang lebih setahun kemudian kami memutuskan untuk berpindah tempat tinggal di sebuah desa yang tidak begitu jauh dari kota itu, ya sekitar 7-8 Km untuk kami sampai ke kota. Mengapa kami pindah ke Desa..? Waktu itu alasannya cuma 1 yaitu "Mencari biaya tempat tinggal dan biaya hidup yang terjangkau..". Tapi seiring berjalannya waktu, banyak sekali hikmah yang kami dapatkan, yang tidak lain itu adalah skenario yang sempurna dari Allah SWT.
Beberapa tahun kemudian Anak kami yang waktu itu berusia kurang lebih 4,5 tahun ingin sekolah dan kamipun memutuskan untuk mencarikan sekolah yang tepat untuk anak kami. Setelah menimbang dari beberapa faktor akhirnya pilihan sekolah jatuh pada R.A. Habibillah yang merupakan Sekolah untuk anak usia dini yang berbasis islam. Dan setelah 1 tahun berjalan Alhamdulillah banyak ilmu dan perkembangan lain yang didapatkan dari sekolah itu, dan tahun berikutnya rencana masih ingin melanjutkan 1 tahun lagi, karena untuk masuk SD umurnya masih terlalu kecil. Liburan pun tiba, seperti anak-anak pada umumnya anak sayapun bergembira mengisi waktu liburannya dengan bermain dengan teman-temannya, meskipun di waktu-waktu tertentu harus berhenti bermain untuk belajar membaca Al Qur'an.
Waktu liburan terus berjalan dan sudah mendekati jadwal masuk sekolah lagi (2 minggu sebelum jadwal  masuk sekolah) tiba-tiba anak saya bilang bahwa dia tidak mau sekolah, dia hanya mau menghafal (maksudnya menghafal Al Qur'an), mungkin ini pengaruh seringnya bermain gadget. (...?...) ya begitulah....
Kami pun mulai mencari cara supaya anak saya tidak putus semangat, akhirnya kami tawarkan untuk mencarikan guru untuk mendampinginya menghafal (guru tahfiz). Alhamdulillah anak kami setuju. dan kamipun mulai mencari guru dan mencari alternatif sekolah yang memang ada tahfiz qur'an-nya. Akhirnya saya bertemu dengan rekan kerja yang menyarankan kepada saya untuk memasukkan anak saya ke salah satu PAUD IT di kota Bengkulu yang disana ada juga program Tahfiz nya.
Sepulang kerja, ide itupun kami (saya dan istri) sampaikan ke anak kami, dan anak kami pun setuju. Akhirnya kami memutuskan untuk mengajak anak kami ke PAUD IT yang dimaksud.
Setelah sampai di lokasi kami membaca nama sekolahnya PAUD IT RABBANI. PAUD IT ini bernaung di bawah Yayasan Ma'had Rabbani.
Alhamdulillah setelah melihat lokasi, anak kamipun semangat ingin sekolah lagi, dan dengan Bismillahirrahmaanirrahiim... langsung saja kami mendaftarkan anak kami di PAUD IT RABBANI.
Itulah sedikit sharing saya di blog ini, dan ini adalah tulisan pertama saya di blog ini. Mudah-mudahan bermanfaat, dan mari kita sama-sama untuk memberikan atau memilihkan pendidikan terbaik bagi anak-anak kita. Kita sama-sama berdo'a memohon kepada Allah SWT mudah-mudahan kita diberikan kemudahan untuk membimbing anak-anak kita supaya menjadi anak-anak yang sholeh solehah. Aamiin... Ya robbal 'aalamiin...

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.

This Is The Oldest Page

2 komentar


EmoticonEmoticon