Widget HTML #1

Ruang Lingkup Jaringan Multimedia

Image Source : https://www.enettechnologies.com

Ruang lingkup jaringan multimedia meliputi:

1. Teks
Teks dapat dikombinasikan dengan media lain untuk menyajikan informasi dan mengekspresikan perasaan sehingga dapat lebih bermakna.

Dibuat dengan menggunakan:
  1. Word Processor (WP)
  2. Authoring Software


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan teks di aplikasi multimedia:
  1. Pahami kegunaan aplikasi yang dibuat
  2. Jumlah teks yang digunakan
  3. Jenis, ukuran, dan warna font yang dipakai


2. Grafik 
Jenis2 Grafik:
  • Background
  • Foto
  • Grafik 3D
  • Chart
  • Flowchart
  • Organizational Chart
  • Buttons

Manfaat grafik dalam aplikasi multimedia:
  • Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan konsep.
  • Chart untuk ilustrasi dan meringkas data numerik.
  • Warna, background, dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi.
  • Integrasi dari teks,  foto,  dan grafik  untuk  mengekspresikan  konsep, informasi, atau suasana hati.
  • Menunjukkan image dan budaya perusahaan.
  • Simulasi dari lingkungan yg ada.
  • Menjelaskan strukstur organisasi.
  • Ilustrasi dari lokasi.

3. Digital Audio
Digital Audio adalah teknologi untuk merekam, menyimpan, dan mereproduksi suara dengan meng-encode sinyal audio dalam bentuk digital daripada bentuk analog.

DA dihasilkan dg cara melakukan sampling sinyal kontinu yg dihasilkan oleh sumber suara. ADC (Analaog-to-Digital Converter) menangkap input sinyal elektrik dari suara dan mengubahnya menjadi data digital. Untuk menghasilkan suara melalui amplifier dan speaker menggunakan DAC (Digital-to-Analog Converter).

Sejarah Format Musik:
  1. Piringan hitam diputar dengan Gramophone
  2. Kaset diputar dengan tape & Walkman
  3. DAT, dikeluarkan berbarengan dengan CD dan kurang dikenal secara luas.
  4. CD, VCD, DVD diputar dengan CD player & discman
  5. Music Digital diputar dengan MP3 player & iPOD


4. Digital Video
Digital Video merupakan system perekaman digital yg bekerja menggunakan sinyal video digital daripada sinyal video analog.

Proses pembuatan video digital:
  1. Analog  Video  Acquisition  :  pembuatan  script  &  storyboard,  pemilihan  tools  untuk pengambilan gambar.
  2. Capturing and Storing
  3. Editing and adding special effects
  4. Delivery and display


Format Video:
  • Analog : NTSC & PAL
  • Digital: MOV, MPG, AVI, ASF, dll


5. Animasi
Animasi merupakan simulasi gerakan yg ditunjukkan dg kumpulan gambar atau frame.

Macam-macam Animasi:
  1. Animasi  Frame  :  menampilkan  obyek  yang  digambar  (disebut  dengan  frame)  dimana  obyek dilokasikan di layar dengan posisi yang berbeda-beda.
  2. Animasi Vektor : Vector : garis yang memiliki titik awal, arah dan panjang. Animasi Vektor : membuat animasi dengan memanipulasi ketiga parameter di atas. Software yang biasa digunakan adalah : Adobe Flash
  3. Animasi Komputasional : animasi dg mengubah koordinat posisi x dan y
  4. Morphing : Morphing adalah mengubah suatu bentuk ke bentuk lain dengan menampilkan variasi frame yang membentuk gerakan yang smooth. Software yang digunakan antara lain : Avid’s Elastic Reality, Black Belt’s WinImages, Gryphon Software Morph, Human Software Aquizz, MorphWizard, Unlead’s MorphStudio


Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Ruang Lingkup Jaringan Multimedia"

Support blog ini melalui saweria.co