Jumat, 19 Oktober 2018

Jangan Panik Jika Plugin Mendeley Tidak Muncul di Microsoft Word atau LibreOffice

Tags

Pengunaan Mendeley sangat membantu dalam manajemen referensi, membuat kutipan (sitasi) dan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah di Microsoft Word atau LibreOffice. Namun tidak jarang ditemukan setelah pengguna menginstal Mendeley Desktop, tapi Plugin Mendeley tidak muncul di Microsoft Word atau di LibreOffice. Sehingga kita tidak bisa membuat kutipan (sitasi) dan daftar pustaka yang otomatis dengan Mendeley.

Jika hal ini terjadi anda tidak perlu panik, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Pertama (1) - Silahkan Close Program Microsoft Word atau LibreOffice anda jika masih dalam kondisi berjalan.

Kedua (2) - Jalankan Mendeley Desktop anda.
Tampilan Mendeley Desktop di Linux
Ketiga (3) - Klik menu Tools > Install LibreOffice Plugin jika anda menggunakan LibreOffice, jika anda menggunakan Microsoft Word silahkan menyesuaikan.
Install LibreOffice Plugin
Keempat (4) - Jalankan kembali Microsoft Word atau LibreOffice anda, jika proses-proses di atas tidak tidak menampilkan pesan error, seharusnya Plugin Mendeley sudah muncul dan siap digunakan.
Plugin Mendeley di LibreOffice Writer
Tambahan :
Bagi anda yang pertama kali menggunakan dan menjalankan Mendeley Desktop di komputernya, setelah login biasanya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Citation Plugin Not Installed

Jika status Citation Plugin for LibreOffice atau Microsoft Word masih "NOT INSTALLED" berarti Plugin Mendeley di LibreOffice atau Microsoft Word belum terinstall, dan dari tampilan itu kita bisa klik tombol Install Now, sehingga status berubah menjadi "INSTALLED".
Citation Plugin Installed

Jika pada prakteknya anda menemui error, saat instalasi silahkan ditanyakan melalui kolom komentar di bagian bawah postingan ini, InsyaAllah akan dibantu mencari solusinya...


Salam..., semoga bermanfaat...

Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

10 komentar

Terimakasih Pak Hari, artikel yang bermanfaat untuk masa depan bangsa 📝

Pak saya sudah instled tapi gk mau juga tampin di word nya pak

Pak, saya sudah install Mendeley beberapa waktu yang lalu dan berjalan lancar. Hari ini ketika saya buka word, simbol citation Mendeley tidak muncul padahal di Mendeley web status masih tetap installed. Apa yang terjadi ya pak?

mungkin bisa di cek kesesuaian versi mendeley dengan ms word, atau mendeleynya pernah di update sehingga versinya tidak mendukung versi ms. word yang terinstall...

selamat sore Pak, senang sekali menemukan artikel ini.
mohon pencerahan, Pak...saya lancar menggunakan mendeley untuk insert citation. namun masalah terjadi ketika pekerjaan terakhir insert bibliography. mohon bantuan, Pak..deadline malam ini., hiks hiks

selamat siang, mau nanya pak, mendeley sy sedikit bermasalahbyaitu ketika sy ingin mengedit font atau format dr sitasi yg sudah jd tiba2 muncul kotak peringatan terkait edit manual atau undo edit. sy kemudian pilih edit manual. ketika sy rasa semua sudah rapi tp sy kemudian memasukkan paragraf baru di tengah tengah bab,maka sitasi setelah paragraf baru itu tdk berubah, misal paragraf baru itu memiliki sitasi no 20 (sblm ada paragraf ini, sitasi no 20 sudah eksis) seharusnya paragraf dibawahnya kan berubah mjd 21 tp dia tdk berubah melainkan ttp 20, sedangkan di bibliografinya berubah otomatis.. ini mshnya di apanya ya pak? solusinya bagaimana? apa sy harus instal ulang? terimakasih..

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mohon informasinya.pertama saya mengetik menggunakan mendeley.setelah beberapa pengetik lain tempat.kemudian saya masukan kelaptop saya.untuk keberikut tidak muncul lagi daftar pustakanya...mohon informasinya


EmoticonEmoticon