Jumat, 19 Oktober 2018

Jangan Panik Jika Plugin Mendeley Tidak Muncul di Microsoft Word atau LibreOffice

Tags

Pengunaan Mendeley sangat membantu dalam manajemen referensi, membuat kutipan (sitasi) dan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah di Microsoft Word atau LibreOffice. Namun tidak jarang ditemukan setelah pengguna menginstal Mendeley Desktop, tapi Plugin Mendeley tidak muncul di Microsoft Word atau di LibreOffice. Sehingga kita tidak bisa membuat kutipan (sitasi) dan daftar pustaka yang otomatis dengan Mendeley.

Jika hal ini terjadi anda tidak perlu panik, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

Pertama (1) - Silahkan Close Program Microsoft Word atau LibreOffice anda jika masih dalam kondisi berjalan.

Kedua (2) - Jalankan Mendeley Desktop anda.
Tampilan Mendeley Desktop di Linux
Ketiga (3) - Klik menu Tools > Install LibreOffice Plugin jika anda menggunakan LibreOffice, jika anda menggunakan Microsoft Word silahkan menyesuaikan.
Install LibreOffice Plugin
Keempat (4) - Jalankan kembali Microsoft Word atau LibreOffice anda, jika proses-proses di atas tidak tidak menampilkan pesan error, seharusnya Plugin Mendeley sudah muncul dan siap digunakan.
Plugin Mendeley di LibreOffice Writer
Tambahan :
Bagi anda yang pertama kali menggunakan dan menjalankan Mendeley Desktop di komputernya, setelah login biasanya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Citation Plugin Not Installed

Jika status Citation Plugin for LibreOffice atau Microsoft Word masih "NOT INSTALLED" berarti Plugin Mendeley di LibreOffice atau Microsoft Word belum terinstall, dan dari tampilan itu kita bisa klik tombol Install Now, sehingga status berubah menjadi "INSTALLED".
Citation Plugin Installed

Jika pada prakteknya anda menemui error, saat instalasi silahkan ditanyakan melalui kolom komentar di bagian bawah postingan ini, InsyaAllah akan dibantu mencari solusinya...


Salam..., semoga bermanfaat...

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.

This Is The Newest Post

2 komentar

Terimakasih Pak Hari, artikel yang bermanfaat untuk masa depan bangsa 📝


EmoticonEmoticon