Rabu, 12 Desember 2018

Flowgorithm dan Mahasiswa Calon Programmer

Assalamu'alaikum Mahasiswa IT..., Sudahkah anda belajar Algoritma? atau Dasar-dasar Pemrograman? atau pernah membuat Flowchart..? Apa yang anda fikirkan ketika anda membuat algoritma dan flowchart? :) banyak banget ya pertanyaannya... Oke.. Oke.. sekarang saya tidak akan bertanya lagi.

Jadi begini, biasanya untuk anda mahasiswa IT, biasanya di semester-semester awal anda akan belajar tentang Algoritma. Nah Algoritma adalah sekumpulan langkah rinci yang ditujukan untuk komputer dalam menyelesaikan suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dibuat supaya dapat dituangkan kedalam program sehingga program dapat dieksekusi oleh komputer. Tapi tentu sebelum dituangkan dalam program, algoritma ini dapat juga diuji secara manual.

Untuk Menggambar atau membuat Flowchart kita bisa saja menggambar dengan cara manual yang penting simbol-simbolnya benar. Untuk mendesain flowchart dan langsung mengujinya kita dapat menggunakan aplikasi FlowgorithmFlowgorithm ini merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mempelajari algoritma pemrograman komputer melalui diagram alir (flowchart). Aplikasi ini dikembangkan oleh Devin Cook di Universitas Negeri Sacramento pada Tahun 2017 lalu.

Aplikasi Flowgorithm
Untuk mengunduh aplikasi Flowgorithm silahkan menuju ke website resminya di http://www.flowgorithm.org/ Untuk cara menggunakannya silahkan menuju ke dokumentasinya. Atau anda bisa komentar di postingan ini jika ada pertanyaan.

Dan sekarang saatnya melihat Contoh Algoritma untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
  1. Masukkan nilai panjang dan simpan dalam variabel Panjang
  2. Masukkan nilai lebar dan simpan dalam variabel Lebar
  3. Hitung Luas dengan rumus: Luas = Panjang * Lebar
  4. Tampilkan Luas Persegi Panjang

Cara lain atau alternatif untuk menyajikan algoritma adalah dengan diagram alir (flowchart). Flowchart merupakan cara lain untuk menuangkan algoritma dengan menggunakan gambar atau simbol-simbol tertentu. Jika kita menggambar flowchart di Flowgorithm kita bisa membuatnya menjadi seperti ini:
Flowchart di Flowgorithm
Flowchart ini jika dijalankan maka akan ada beberapa pertanyaan tentang panjang dan lebar persegi panjang dan kita dapat menginput nilainya. Hasil lengkapnya terlihat pada gambar di bawah ini.
Tampilan ketika Flowchart dijalankan

Flowgorithm juga dapat mengenerate flowchart menjadi source code program dan mendukung banyak bahasa pemrograman. Untuk bahasa pemrograman yang didukung diantaranya terlihat pada gambar berikut ini:
Bahasa Pemrograman yang di dukung Flowgorithm
Dari flowchart di atas, saya coba generate menjadi source code bahasa pemrograman pascal dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Source Code Pascal untuk Menghitung Luas Persegi Panjang
Ya itu kira-kira sharing saya tentang Flowgorithm yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa IT yang sedang mempelajari algoritma pemrograman komputer.

Selamat mencoba dan mudah-mudahan kalian semua menjadi programmer-programmer yang hebat dan tetap sholeh dan sholehah. Aamiin....

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon