Selasa, 11 Desember 2018

Jenis Penelitian Tugas Akhir (Skripsi) Untuk Mahasiswa PTIK

Halo mahasiswa semester akhir... Apa yang kalian fikirkan...? Lagi mikir skripsi?, mikir nikah?, mikir kerjaan..? apapun yang kalian fikirkan pastikan anda menyelesaikan skripsi anda. Untuk mahasiswa PTIK (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer) yang akan menyusun tugas akhir (skripsi) anda harus tau jenis penelitian apa yang akan anda ajukan sebagai judul skripsi anda.
Skripsi
Berikut ini ada beberapa jenis penelitian yang bisa anda lakukan dalam menyusun tugas akhir (skripsi) anda:

Penelitian Kualitatif

Merupakan riset yang bersifat penjelasan dan menggunakan analisis. Dalam metode ini, proses penelitian lebih diperlihatkan dan landasan teori yang digunakan juga lebih fokus. Penelitian ini lebih subjektif jika dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode etnografi karena sering digunakan untuk pengamatan konsisi sosial budaya.

Berikut ini Contoh Judul Skripsi Jenis Penelitian Kualitatif:
  1. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dan Keefektifan Kegiatan Belajar Mengajar Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (Studi Kasus : Sekolah ABC-XYZ)
  2. Relevansi Mata Kuliah Terhadap Pekerjaan Pada Praktek Industri Bidang Jaringan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
  3. ...

Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang terperinci, sistematis, dan terstruktur. Metode penelitian ini memfokuskan pada penggunaan angka. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan tabel, grafik, dan diagram sebagai untuk menunjukkan hasil data yang didapat.

Berikut ini Contoh Judul Skripsi Jenis Penelitian Kuantitatif:
  1. Perbandingan Penggunaan Aplikasi Blender dengan Aplikasi 3Ds Max terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi di Sekolah ABC-XYZ
  2. Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar dan Keaktifan Peserta Didik pada Materi Pelajaran Arus Listrik
  3. ...

Research and Development

Research and Development (R&D) adalah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktek. Yang dimaksud dengan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium, tetapi bisa juga perangkat lunak (software), seperti program komputer untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, ataupun model-model pendidikan, pembelajaran, pelatihan, bimbingan, evaluasi, sistem manajemen, dan lain-lain.

Berikut ini Contoh Judul Skripsi Jenis Research and Development:
  1. Rancang Bangun Private Cloud Container Based untuk Media Pembelajaran Administrasi Server pada Sekolah ABC-XYZ
  2. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Web dan Android pada Sekolah ABC-XYZ
  3. ...

Selamat mengerjakan penelitian skripsi... Semoga mendapat hasil terbaik..

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon