Selasa, 18 Desember 2018

Lulus Kuliah Tapi Belum Dapat Pekerjaan, Jangan Panik, Coba Beberapa Pekerjaan Ini

Assalamu’alaikum.. Fresh Graduate...! Eh.. Fresh Graduate itu apa ya? Fresh Graduate sering digunakan untuk sebutan orang yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja. Lulus dapat berarti lulus sekolah maupun lulus dari kuliah, dan sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman bekerja.

Apa kabar kalian semua? Semoga kalian dalam keadaan terbaik. Saya yakin kalian pasti punya cita-cita yang tinggi dan kalian harus bersyukur dengan pencapaian saat ini. Di luar sana, banyak sahabat-sahabat kita yang tidak dapat mencapai seperti yang kalian capai saat ini. Menjadi Sarjana atau Diploma tentu pencapaian yang luar biasa, bukan hanya kalian yang bangga, orang tua, saudara, guru dan dosen kalian tentu ikut bangga dengan pencapaian kalian.

Lulus Kuliah Mau Kemana?

Tapi ingat kawan, perjalanan masih panjang. Mungkin ada dari kalian yang sampai saat ini belum mendapat pekerjaan yang kalian cita-citakan, tes CPNS tahun ini (2018) juga telah berlalu dan kemungkinan harus menunggu tahun depan jika ingin ikut meramaikannya, itu juga kalau dibuka kembali, karena beberapa tahun terakhir juga sempat tidak ada penerimaan CPNS.

Tes CPNS tentu berlangsung sangat ketat, dari beberapa juta pelamar hanya beberapa persen saja yang akan dinyatakan lulus. Terus kalau tidak lulus... apa yang akan kalian lakukan? Protes.., atau putus asa atau akan mencari pekerjaan lain?. Lho kok jadi cerita CPNS, Maaf-maaf mungkin karena sekarang sedang masa-masa menunggu pengumuman kelusan tes CPNS bagi yang ikut.. Hehe...
Oke kembali ke Fresh Graduate, mungkin kalian bisa mencoba pekerjaan-pekerjaan ini sambil menunggu pekerjaan yang kalian idam-idamkan selama ini.

1. Fotografer

Jika kalian hobi memotret objek, mungkin pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang boleh kalian coba. Tentu kalian sering melihat gambar-gambar atau foto-foto di instagram seperti foto produk yang dijual online, foto prewedding dan sebagainya. Tentu tidak sembarang foto dipasang untuk memasarkan produk, disitulah peluang bagi kalian yang memiliki kemampuan sebagai fotografer. Atau jika kalian mendapat Job foto di acara-acara pernikahan, acara wisuda, acara ulang-tahun atau acara-acara lain tentu itu peluang bagus, penghasilan dari profesi ini juga lumayan kan.

2. Blogger

Jika kalian hobi menulis, profesi ini boleh dicoba. Kalian dapat membuat blog secara gratis di Blogger.Com. Jika tulisan kalian bagus dan bermanfaat, tentu blog kalian akan mendapatkan banyak pengunjung. Banyaknya pengunjung di blog kalian inilah yang akan menjadi peluang, kalian bisa menawarkan ruang pemasangan iklan, atau kalian bisa mendaftarkan Blog ke Google Adsense sehingga jika disetujui blog kalian akan menghasilkan. Konten atau tulisan di blog bisa berbagai bidang, yang hobi jalan-jalan dapat menulis tentang traveller atau kuliner dan sebagainya. Yang memiliki kemampuan teknis di bidang tertentu juga tetap bisa membuat blog dengan konten-konten tutorial seperti Blog TutupKurung.Com

3. Freelance Programmer

Bagi kalian yang dari Jurusan IT, profesi ini dapat kalian coba. Itung-itung sambil mengasah ilmu semasa kuliah. Buatlah program-program kecil yang bermanfaat dan tampilkan di media online, cari situs-situs yang menyediakan layanan pekerjaan seperti Freelancer dan deskripsikan diri kalian dengan baik sehingga orang akan percaya dengan kalian.

4. Youtuber

Kalian punya ide-ide kreatif..? jadikan ide kalian menjadi video dan upload ke Youtube. Kalian bisa membuat channel pribadi yang berisi video-video hasil karya kalian. Bangun channel kalian dengan baik, jika sudah memenuhi syarat kalian bisa mengajukan monetisasi ke Youtube sehingga video kalian bisa menghasilkan uang dari Youtube. Tentu kalian sudah tau beberapa Youtuber Indonesia yang mampu menghasilkan jutaan rupiah perbulan dari membuat konten youtube. Video dapat berupa Vlog, animasi, game, musik, berita atau tutorial seperti Channel Youtube Ini.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu kalian setelah tamat kuliah, tidak mesti menjadi PNS atau Karyawan di Perusahaan Swasta. Dengan teknologi internet yang luar biasa ini kalian bisa mencari keuntungan dengan menjadi wirausaha digital. 

Sekian dulu ya sharingnya, mungkin tulisan ini banyak kekurangan, jika ingin memberikan saran silahkan isi kolom komentar di bawah postingan ini ya. Salam sukses untuk kalian semua, semoga diberikan pekerjaan terbaik, jangan lupa bersyukur dan beribadah untuk akhirat kalian semua...

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.

2 komentar


EmoticonEmoticon