Mau Lancar Sidang Skripsi, Siapkan ini

Sidang skripsi memang sering menjadi momok bagi mahasiswa tingkat akhir, bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa sidang skripsi adalah ladang pembantaian yang membuat wajah pucat bahkan diiringi tangisan ketika keluar dari ruang sidang skripsi. Namun sebagian orang justru menganggap sidang skripsi hanyalah formalitas, bahkan ada istilah ujian massal di waktu yang sudah mendekati batas akhir periode ujian sidang skripsi.

Lancar Sidang Skripsi
Karakter dosen penguji skripsi juga sangat menentukan mental mahasiswa yang akan sidang skripsi. Ada dosen yang dikenal sangat baik dan selalu memberikan nilai tinggi kepada mahasiswa, namun ada juga yang dianggap kejam karena sering menghujani mahasiswa dengan berbagai pertanyaan dan memberikan nilai rendah pada mahasiswa.

Namun dari semua kondisi di atas, mahasiswa yang akan ujian skripsi seharusnya tidak perlu takut dan mahasiswa harus yakin dengan dirinya dan hasil penelitiannya yang dituangkan dalam skripsinya. Ada beberapa hal penting yang mesti disiapkan, supaya ujian skripsi anda lancar, lulus dan mendapat nilai tinggi.

Kuasai Materi Skripsi dengan Baik

Hal yang paling penting yang harus disiapkan untuk menghadapi ujian sidang skripsi adalah menguasai materi skripsinya. Skripsi adalah hasil penelitian mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah, jadi sudah seharusnya mahasiswa menguasai hasil penelitiannya sendiri. Pada saat ujian sidang skripsi biasanya dosen penguji juga menuntut apa yang sudah dijanjikan di proposal skripsi yang telah diseminarkan sebelumnya, untuk itu mahasiswa juga harus paham betul mengenai isi proposal yang telah diajukan untuk dijadikan skripsi. 

Kuasai Materi dengan Baik

Yakinlah, karena ujian sidang skripsi ini adalah menguji apa yang anda buat, maka anda (mahasiswa) adalah satu-satunya orang yang paling menguasai tentang materi skripsinya. Bahkan seharusnya dengan penguasaan materi yang baik, anda (mahasiswa) dapat memberikan wawasan baru untuk para dosen penguji sidang skripsi anda, dan bukan sebaliknya malah anda yang dihujani pertanyaan.

Jika anda mahasiswa IT yang membuat program pada penelitian skripsinya, kuasai bagaimana membuat programnya, pastikan anda dapat menunjukkan proses-proses yang ada di program anda. Kuasai bahasa pemrograman, database dan software (IDE) yang anda gunakan, karena bisa jadi penguji anda akan menanyakan tentang itu. 

Siapkan Slide Presentasi Skripsi dengan Baik

Membuat slide presentasi untuk sidang skripsi memang tidak mudah. Syarat pertamanya adalah anda harus menguasai materi skripsi anda, sehingga anda dapat menyusun slide presentasi dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa waktu yang diberikan untuk presentasi skripsi terkadang tidak lama berkisar 10 menit sampai 20 menit. Untuk itu buatlah slide presentasi yang sederhana namun mudah dipahami dan mewakili isi skripsi anda.

Buatlah slide presentasi skripsi sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting slide tersebut harus memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan dan saran atau rekomendasi. Jika ada data-data angka pada skripsi anda tampilkan dengan tabel dan grafik.

Sajikan Data Angka Dalam Tabel dan Grafik

Jika ada produk dalam bentuk program/software/aplikasi maka demokan program secara singkat dan jelas. Tampilkan menu-menu inti dan jelaskan proses yang terjadi sehingga mendapatkan hasil output yang sesuai dengan hasil skripsi anda. Jelaskan program anda seolah-olah anda menawarkan program anda ke client. Jangan sampai anda sendiri malah bingung dengan program yang anda hasilkan.

Berlatih Sebelum Ujian Sidang Skripsi Berlangsung

Jika materi sudah dikuasai dan slide presentasi sudah disiapkan, selanjutnya adalah latihan. Latihan ini penting dilakukan sehingga pada saat ujian sesungguhnya anda sudah mantap dan benar-benar siap. Salah satu latihan yang penting dilakukan adalah latihan presentasi, menyesuaikan dengan waktu yang bakal diberikan oleh dosen penguji. Belajar membuka presentasi yang baik, menyampaikan presentasi yang baik sampai menutup presentasi yang baik.

Anda juga perlu latihan menggunakan peralatan yang akan digunakan saat ujian sidang skripsi, misalnya menyambungkan laptop dengan projector (infocus), menjalankan slide presentasi  pastikan anda bisa menggunakannya dengan baik dan lancar. Karena tidak sedikit mahasiswa saat ujian skripsi yang menghabiskan waktunya hanya untuk menyambungkan laptop ke projector, bingung saat menjalankan slide presentasi dan ini dapat membuat penguji anda mulai geram dan berakibat semakin banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada anda.

Selain itu, anda juga perlu latihan menjawab pertanyaan. Anda dapat membuat daftar pertanyaan yang menurut anda mungkin akan ditanyakan oleh penguji skripsi anda. Minta bantuan teman anda untuk menjadi penguji skripsi saat anda latihan. Berlatihlah untuk memberikan jawaban yang ilmiah, sesuai dengan data  dan referensi yang anda miliki. Jawab secara singkat padat dan jelas  dengan penuh keyakinan, buat penguji anda terpukau dengan jawaban anda sehingga memberikan nilai tinggi kepada anda.

Jika hal-hal di atas sudah anda persiapkan dengan baik, InsyaAllah.. seperti apapun karakter dosen penguji anda anda akan lancar menghadapinya, anda tidak perlu khawatir, tidak perlu takut, dosen juga manusia, dosen juga pernah ujian sidang skripsi. :)


Belum ada Komentar untuk "Mau Lancar Sidang Skripsi, Siapkan ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel