Jumat, 14 Desember 2018

Siapkan Beberapa Hal Penting Ini Sebelum Menemui Dosen Pembimbing Skripsi

Bimbingan skripsi adalah aktivitas yang cukup melelahkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Berbagai masalah biasa ditemui saat bimbingan skripsi, mulai dari susahnya menemui dosen pembimbing, banyaknya coretan pembimbing, laptop rusak, kurangnya referensi penelitian dan berbagai masalah lainnya. Itulah masalah yang akan anda temui pada saat bimbingan skripsi. Untuk itu ada beberapa hal yang mesti disiapkan bagi anda yang sedang atau akan melakukan bimbingan skripsi.
Bimbingan Skripsi

Pahami Prosedur Pelaksanaan Bimbingan Skripsi

Biasanya setiap program studi memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam pelaksanaan bimbingan skripsi. Jika di program studi anda tidak ada, coba anda tanyakan di fakultas anda. Di bawah ini adalah contoh alur atau prosedur pelaksanaan bimbingan skripsi atau tugas akhir.
Contoh Prosedur Pelaksanaan Bimbingan Skripsi
Dari prosedur di atas, sebelum proses konsultasi / bimbingan skripsi ke dosen pembimbing, anda harus melalui beberapa tahapan dan pastikan tahapan-tahapan tersebut sudah anda lalui dengan baik yaitu Judul skripsi/ proposal anda sudah disetujui dan sebelum menemui dosen pembimbing anda harus membawa SK Pembimbing yang dikeluarkan oleh program studi, supaya anda diterima dengan baik oleh dosen pembimbing anda.

Hubungi Dosen Pembimbing Dengan Sopan

Karakter dosen tentu berbeda-beda, ada dosen yang kaku ada juga yang santai atau mungkin terkesan gaul dan seru. Tapi seperti apapun karakternya, mereka adalah dosen dan anda adalah mahasiswa, jadi anda harus bersikap sopan, berpakaian yang rapi dan menggunakan bahasa indonesia dalam berkomunikasi. Jika anda ingin menghubungi dosen melalui telpon, sms, whatsapp, telegram atau media lainnya, pastikan menggunakan bahasa yang baik dan kalimatnya harus sopan. Biasakan mengawali pertemuan dengan dosen anda dengan mengucapkan salam, memperkenalkan diri dengan jelas dan menjelaskan maksud dan tujuan anda dengan jelas.

Contoh Pesan Whatsapp Mahasiswa Yang Ingin Bimbingan

Kebiasaan mahasiswa sebelum bimbingan, sering mencari informasi dari orang lain tentang karakter dosen pembimbingnya, ada yang bertanya dengan dosen lain, ada yang bertanya dengan kakak tingkat dan ada juga yang sekedar mendengarkan cerita dan kabar tentang dosen pembimbingnya. Kebiasaan ini tidak salah, tapi terkadang informasi yang tidak sesuai dapat merusak rencana bimbingan anda, bisa jadi anda ketakutan atau justru anda terlalu santai karena anda sudah mengetahui karakter dosen pembimbing anda dari orang lain. Dampak buruknya adalah anda bisa saja lupa dengan hal penting lainnya yang mesti anda persiapkan. 

Oke, sekarang kita akan masuk per persiapan berikutnya yang menurut saya ini sangat penting.

Siapkan Bahan Penelitian Anda

Bahan penelitian ini penting untuk disiapkan, seperti paper, jurnal, print out, buku, referensi, dll. Dosen pembimbing bisa saja menanyakan kelengkapan bahan penelitian skripsi anda, dan pastikan anda sudah siap semuanya termasuk data-data dari tempat penelitian yang mungkin diperlukan.

Kuasai Isi Proposal/Skripsi Anda

Proses bimbingan skripsi ke dosen pembimbing bukan hanya curhat biasa atau sekedar minta tanda tangan untuk memenuhi kartu bimbingan. Hal yang lebih penting adalah bagaimana ada akan dibimbing untuk menyusun skripsi sesuai dengan judul skripsi yang anda ajukan. Tidak jarang dosen pembimbing yang di awal bimbingan menanyakan tentang isi proposal skripsi anda, misalkan:
  1. Apa alasan anda mengangkat judul proposal itu..?, 
  2. Apa masalah yang ada di tempat penelitian?, 
  3. Apa solusi yang anda tawarkan dalam proposal anda?, 
  4. Tujuannya apa?,  
  5. Manfaatnya nanti apa?, 
  6. Referensinya dari mana?, 
  7. Metode yang digunakan apa?, 
  8. Pengujiannya nanti seperti apa? 
  9. dan sebagainya...
Jika pertanyaan-pertanyaan itu sudah anda jawab dengan baik, biasanya dosen pembimbing baru akan membaca proposal, mengoreksi dan memberikan masukan tentang apa yang anda tuangkan dalam proposal skripsi anda.

Mungkin ini yang dapat saya bagikan tentang Beberapa Hal Penting Ini Sebelum Menemui Dosen Pembimbing Skripsi, mudah-mudahan dengan persiapan ini, bimbingan skripsi anda akan lancar dan menyenangkan. Tetap Semangat Bimbingan .... :)

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.

2 komentar

Assalamu'alaikum bapak izin share ke adik tingkat supaya adik tingkat lebih mempersiapkan diri sebelum bimbingan proposal/skripsi

Wa'alaikumussalam....
Silahkan mas....


EmoticonEmoticon