Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Deskripsi Diri Dosen dan Apa Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Deskripsi Diri

Sebelum saya melanjutkan menulis tentang Deskripsi Diri Dosen, sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa tulisan/postingan ini bukan bermaksud menggurui atau mengajari bapak/ibu dosen yang sempat membaca tulisan ini. Namun postingan ini hanya sebatas untuk mengumpulkan informasi tentang Deskripsi Diri Dosen yang saya kutip dari berbagai sumber. Saya sangat bersyukut jika memang postingan ini nantinya ada manfaatnya.

Deskripsi Diri Dosen


Apa itu Deskripsi Diri Dosen?

Definisi dari Deskripsi Diri Dosen berdasarkan penjelasan dari LLDIKTI 12 yang dapat diakses langsung di laman resminya (https://lldikti12.ristekdikti.go.id/), adalah sebagai berikut:
  1. Deskripsi diri adalah pernyataan diri tentang kontribusi dosen yang bersangkutan (DYS) dalam pelaksanaan dan pengembangan tridarma perguruan tinggi.
  2. Pernyataan deskripsi diri harus berisi hal-hal yang secara nyata dilakukan oleh dosen (das Sein) bukan hal yang seharusnya (das Sollen).
  3. Merupakan hasil refleksi atas pengalaman pribadi seorang dosen.
  4. Menggambarkan inovasi dan kreativitas yang dilakukan seorang dosen dalam menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
  5. Hasil Deskripsi Diri dinilai oleh 2 orang asesor.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Deskripsi Diri

Dalam penyusunan Deskripsi Diri (DD), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:
  1. Isian (esai) DD setiap butir minimal 150 kata.
  2. Jika esai kurang dari 150 kata, akan mendapat peringatan dari sistem, sebelum divalidasi
  3. Esai kurang dari 150 kata maka skor maksimum adalah 3 (tiga)
  4. Tanda huruf K menunjukkan nilai mati, peserta tidak lulus.  Kondisi yg mengakibatkan nilai mati adalah (1) butir DD kosong, dan (2) ada kemiripan DD
  5. Sistem akan memperingatkan apabila terjadi kasus pada butir 3 dan 4
  6. DYS disarankan untuk tidak melihat DD yang ada di situs/laman pribadi dosen yang sudah lulus Serdos
  7. DYS tidak meminjamkan DD ke teman lain di dalam maupun di luar universitas
  8. DYS dalam menyusun DD sebaiknya sejalan dengan isi Curriculum Vitae
  9. DD bersifat unik. DD seorang DYS seharusnya berbeda dari DD DYS yang lain. Oleh karena itu, apabila ada 2 DD (atau lebih) yang sama atau memiliki tingkat kemiripan yang signifikan (lebih dari 60% dari minimal 5 butir), patut diduga kedua DD tersebut merupakan hasil plagiasi, dan hal itu tidak dibenarkan.
  10. DD bersifat faktual dan objektif yang menggambarkan pengalaman nyata DYS (das sein) karena yang diminta dalam setiap butir DD adalah “contoh nyata”; bukan sesuatu yang “seharusnya”, yang bersifat normatif teoretik (das sollen).
  11. Isi DD harus konsisten dengan apa yang diungkapkan dalam curriculum vitae (CV) dan penilaian persepsional diri , karena konsistensi merupakan salah satu aspek yang dinilai.
  12. Hindari Plagiat.

Selanjutnya berdasarkan "Buku 3 : PEDOMAN OPERASIONAL BAKU TATALAKSANA SERDOS TERINTEGRASI" tentang Penyusunan Deskripsi Diri oleh DYS, berikut ini tata cara Penyusunan Deskripsi Diri oleh DYS:
  1. Penyusunan Deskripsi Diri (DD) oleh DYS secara on-line hanya dapat dilakukan ketika DYS telah masuk dalam data D5;
  2. Sebagai bahan acuan penyusunan narasi Deskripsi Diri (DD), DYS harus menyusun dan mengisikan Curicullum Vitae (CV) yang terdiri atas beberapa komponen yakni : riwayat pendidikan, riwayat pengajaran, riwayat pelatihan profesional, produk bahan ajar, riwayat penelitian, riwayat pengabdian, riwayat dan publikasi karya ilmiah, pertemuan ilmiah, peran di bidang kemahasiswaan, dan tanda prestasi/penghargaan pada menu Portofolio SISTER. DYS mengisi CV sesuai dengan kelompok isian sebagaimana telah ditetapkan dalam laman aplikasi SISTER dengan cara mengklaim komponen yang telah diisikan sebelumnya pada portofolio SISTER. 
  3. DYS wajib mengunggah naskah publikasi karya ilmiah sebagaimana yang dicantumkan pada CV dalam bentuk dokumen dan/atau alamat akses (URL) pada menu Publikasi di aplikasi SISTER atau bisa melalui fasilitas import publikasi dari aplikasi SINTA.
  4. Setelah melakukan pengisian borang CV, DYS dapat menyusun narasi atau esai DD dengan mengacu pada borang CV. Pengisian DD harus dilakukan pada seluruh butir dalam unsur yang harus diisi dalam instrumen DD.
  5. Untuk mengisi tiap butir, klik daftar dari unsur yang dimaksud, sehingga tampil halaman butir. Untuk mengisi masing-masing butir, klik link EDIT BAGIAN untuk masing-masing butir, sehingga tersaji sebuah borang. DYS harus mengisi narasi DD untuk masing-masing butir dari setiap unsur dan jika telah selesai, klik tombol SIMPAN. Jika sebelumnya DYS telah menyusun narasi DD pada aplikasi pengolah kata (word processor) atau teks, isi dari narasi dapat langsung dicopy (salin) dan paste (tempel) pada borang yang telah disediakan. Narasi DD yang diperbolehkan hanya berupa teks tanpa tabel, gambar, grafik, penomoran, atau rumus.
  6. Setelah proses pengisian narasi DD selesai, dan telah diperiksa kebenaran datanya, klik tombol VALIDASI ISIAN DESKRIPSI.
  7. Setelah proses validasi DD dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengunggah Lembar Pengesahan. Untuk masuk ke menu ini, klik link mengunggah File Lembar Pengesahan. Lembar Pengesahan hanya dapat diunduh oleh DYS setelah DYS melakukan validasi DD. File Lembar Pengesahan yang telah diunduh kemudian dicetak pada kertas ukuran A4 untuk ditandatangani oleh DYS bersangkutan dan diketahui dan disahkan oleh atasan langsung DYS dan pimpinan perguruan tinggi di mana DYS bertugas. Setelah proses ini, Lembar Pengesahan dipindai (scan) dengan menggunakan scanner dan disimpan dalam file image (gambar) dengan tipe jpeg.
  8. File gambar Lembar Pengesahan kemudian diunggah melalui menu yang telah tersedia dalam modul penyusunan instrumen portofolio sertifikasi dosen masing-masing DYS di laman SISTER masing-masing PT.
Demikian postingan tentang Deskripsi Diri Dosen, mudah-mudahan yang sedikit ini bisa memberikan manfaat. Untuk contoh Isian Deskripsi Diri InsyaAllah akan saya tulis pada postingan berikutnya.

Oh iya, Buku 3 - PEDOMAN OPERASIONAL BAKU TATALAKSANA SERDOS TERINTEGRASI dapat diunduh DI SINI.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Apa itu Deskripsi Diri Dosen dan Apa Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Deskripsi Diri"