Aplikasi Penting Untuk WFH (Work From Home) Agar Tetap Produktif

Apa kabar teman..? mudah-mudahan kita semua dalam keadaan sehat dan dalam keadaan terbaik menurut Allah SWT. Bagaimana dengan WFH kalian? Mudah-mudahan masih tetap produktif ya...

Oh iya sebelum saya lanjutkan menulis tentang aplikasi penting yang dibutuhkan saat WFH (Work From Home), mungkin ada yang masih bertanya-tanya apa itu WFH?

Aplikasi Penting Untuk WFH
Aplikasi Penting Untuk WFH


Saya ambil pengertian WFH dari Situs jurnal.idWFH adalah singkatan dari work from home yang berarti bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan karyawan. Sistem kerja WFH memang memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini guna mendukung keseimbangan karyawan antara pekerjaan dan kehidupan.

Nah saat ini WFH ini menjadi kebutuhan karena adanya wabah covid-19 yang berdampak pada pemberlakuan WFH oleh banyak kantor atau instansi. Supaya dengan WFH tetap menjadi produktif maka ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan pada setiap karyawan WFH agar tetap fokus dan memisahkan urusan rumah dengan pekerjaan. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah Ruang Kerja, usahakan kita punya ruang kerja di rumah. Kemudian tetapkan jadwal kerja, tetap fokus dengan pekerjaan, tetap menjaga kesehatan karena biasanya saat WFH sering kali jam kerja justru melebihi jam kerja di kantor dan tidak teratur. Selain itu tentu kita membutuhkan peralatan yang sesuai untuk membantu pekerjaan kita saat WFH.

Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah aplikasi. Saat ini banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung WFH sehingga kita masih tetap produktif. Berikut ini beberapa Aplikasi untuk bekerja dari rumah (Work From Home).

1. Slack

Slack adalah salah satu aplikasi yang sangat baik untuk mendukung komunikasi dalam tim kerja. Biasanya suatu perusahaan yang memiliki banyak karyawan akan mengelompokkan karyawannya dalam tim sesuai perannya. Di Slack kita dapat membuat sebuah tim yang berisi beberapa orang anggota yang terkait dengan tim tersebut. 

Selain Slack, kita juga dapat menggunakan Microsoft Team, di Microsoft Team juga mendukung komunikasi dalam tim kerja.

2. Skype

Skype ini merupakan aplikasi yang sudah cukup lama dan sangat terkenal dalam dunia Video Conference. Selain di Desktop, Skype juga dapat digunakan di Smartphone sehingga memudahkan pengguna dimanapun berada. Sesuai fungsinya yaitu untuk Video Conference, maka Skype dapat dimanfaatkan untuk rapat online, berkoordinasi secara langsung dengan video.

Selain Skype, banyak aplikasi lain yang memiliki fungsi Video Conference diantaranya Google Meet dan Zoom yang banyak juga digunakan saat ini.

3. Trello

Trello ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk task management yaitu untuk penugasan dalam tim kerja dalam sebuah perusahaan. Masing-masing anggota tim dapat melihat planning dan status kerja masing-masing anggota. Pemanfaatan trello ini juga dapat digunakan untuk personal task bahkan sampai project management.

4. G Suite

G Suite adalah sebuah aplikasi milik Google yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh berbagai perusahaan dan organisasi khususnya dalam hal kolaborasi kerja secara online. Di dalamnya, Google memiliki beberapa produk untuk email, pembuatan dokumen, presentasi, kalendar, drive, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya G Suite adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan tools project management dan komunikasi.

Dalam aktifitas WFH, G Suite dapat kita manfaatkan untuk mengolah dokumen dan kolaburasi dokumen secara online. Ada beberapa aplikasi didalamnya seperti Google Doc, Google Slide dan Spreadsheet yang dapat digunakan berkolaborasi dalam membuat dokumen saat WFH.

5. Google Drive

Google Drive ini dapat dimafaatkan untuk solusi penyimpanan online (cloud storage) sehingga dokumen pekerjaan dapat disimpan di cloud dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satu keunggulan yang saya suka yaitu GRATIS dan sangat cepat ketika diakses baik saat upload ataupun download dokumen.

Jika ingin mencari alternatif lain, kita juga dapat menggunakan One Drive dai Microsoft, Dropbox dan lain-lain.

6. Cold Turkey Blocker

Ini merupakan aplikasi yang diperlukan ntuk memblokir web atau aplikasi yang dapat membuat kita tidak fokus bekerja. Aplikasi atau alamat web yang mengganggu konsentrasi dapat kita blokir saat kita sedang ingin produktif bekerja dalam kondisi WFH.

7. Team Viewer

Team Viewer ini sangat penting untuk melakukan remote desktop komputer jarak jauh. Khususnya bagi pada IT Support atau SysAdmin di sebuah perusahaan.

Jika ingin mencari alternatif aplikasi remote desktop dapat menggunakan Ultra Viewer atau dapat juga menggunakan AnyDesk.

Baik, itulah beberapa aplikasi yang menurut saya sangat penting untuk mendukung produktifitas saat bekerja dari rumah (WFH).

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Penting Untuk WFH (Work From Home) Agar Tetap Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel