Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Masih tentang algoritma, flowchart dan pemrograman, kali ini saya akan berbagi tentang Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil. Terkait dengan apa itu Algoritma, apa itu Flochart dan Pemrograman, kalian bisa membacanya di : Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Studi Kasus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit.




Sebelum lebih jauh tengan Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil, ada baiknya kita tau definisi dari bilangan genap dan desinisi bilangan ganjil.

Bilangan Genap adalah adalah bilangan-bilangan yang merupakan kelipatan dari 2 atau bisa habis dibagi dengan 2. Sedangkan bilangan ganjil adalah semua bilangan yang bukan merupakan kelipatan 2 atau tidak habis di bagi 2.

Tentu kalian juga sebenarnya sudah tau dan dapat dengan mudah menentukan apakah sebuah bilangan itu ganjil atau genap kan? Kemudian, mengapa perlu belajar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil? ya tentu karena berkaitan dengan pemrorgaman komputer, maka yang menentukan itu pada akhirnya adalah komputer, sehingga kita harus memberi tahu komputer supaya bisa membedakan bilangan genap atau ganjil.

Algoritma Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Berikut ini adalah algoritma untuk menentukan sebuah bilangan genap atau ganjil.

  1. Mulai
  2. Deklarasikan variabel bilangan
  3. Input nilai bilangan
  4. Lakukan pengecekan dengan modulus untuk mengetahui sisa hasil bagi dengan 2
  5. Jika modulus/sisa hasil bagi bilangan dengan 2 sama dengan 0 maka bilangan genap, jika tidak sama dengan 0 maka bilangan ganjil
  6. Tampilkan status Genap/Ganjil
  7. Selesai

Flowchart Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Berikut ini adalah flowchart untuk menentukan sebuah bilangan genap atau ganjil.

Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil


Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Setelah algoritma dan flowchart  untuk menentukan sebuah bilangan genap atau ganjil selesai dibuat, selanjutnya akan kita implementasikan ke pemrograman. Dalam contoh ini akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman Java, C++, Python dan PHP.

Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana menentukan Bilangan Genap atau Ganjil, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :

  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)


Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil menggunakan Bahasa Pemrograman C++

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana menentukan Bilangan Genap atau Ganjil, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman C++ maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :

  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)


Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana menentukan Bilangan Genap atau Ganjil, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :

  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)


Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana menentukan Bilangan Genap atau Ganjil, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman PHP maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :

  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

---
Ok, demikian Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil dengan contoh yang diimplementasikan dalam beberapa bahasa pemrograman dari mulai Java, C++, Python dan PHP. Silahkan dipelajari lebih teliti sehingga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk kehidupan.

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar ya... :)
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil"