Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Studi Kasus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit

Halo sahabat pelajar dan mahasiswa, pernahkah kalian belajar tentang Algoritma dan Pemrograman? Pernahkan kalian belajar membuat Flowchart? Pernahkah kalian disuruh membuat aplikasi sederhana untuk konversi suhu Celcius ke Fahrenheit? Jika pernah, apakah kalian dapat mengerjakannya dengan lancar? Jika jawabannya iya, kalian boleh meninggalkan postingan ini. :) Tapi kalau belum silahkan simak postingan ini sampai selesai.



Pengertian Algoritma

Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.

Pengertian lain, Algoritma adalah sekumpulan langkah rinci yang ditujukan untuk komputer dalam menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma biasanya dibuat pada tahap perancangan program. Algoritma inilah yang memiliki peran penting untuk menghubungkan antara keluaran yang dikehendaki dan masukan-masukan yang tersedia.

Algoritma yang sudah ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis sebuah program dinamakan bahasa pemrograman (programming language). Orang yang membuat atau menciptakan program komputer disebut pemrogram (programmer), sedangkan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman, kemudian ada lagi aktivitas menulis kode program dinamakan coding.

Algoritma Konversi Suhu Ke Fahrenheit

Sebelum ke Algoritma Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit, perlu kita ketahui terlebih dahulu:
  • Input : Celcius
  • Output : Fahrenheit
Sedangkan rumus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit adalah:

Fahrenheit = (9/5 * Celcius) + 32

Sehingga Algoritma Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit sebagai berikut:
  • Mulai
  • Masukan nilai suhu dalam Celsius
  • Hitung konversi suhu dari Celsius ke Fahrenheit
  • Tampilkan hasil suhu dalam Fahrenheit
  • Selesai

Pengertian Flowchart

Dikutip dari Wikipedia:
Diagram alir (bahasa Inggris: flowchart) bagan alir, atau bagan arus adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram alir digunakan untuk menganalisis, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang.

Flowchart adalah cara lain untuk menuangkan algoritma dengan pendekatan gambar. 


Flowchart Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit

Sesuai dengan pengertian flowchart, dan berdasarkan algoritma Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit yang telah diuraikan sebelumnya, maka bentuk flowchart Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit sebagai berikut:

Untuk menggambar flowchart bisa menggunakan Microsoft Word, Visio, E-Draw dan lain-lain.

Pengertian Pemrograman

Dikutip dari Wikipedia:
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritme, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.


Pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit 

Pada bagian ini akan dicontohkan beberapa pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit  dalam beberapa bahasa pemrograman yaitu Java, C++, Python dan PHP.

Pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit dengan Java (Netbeans)

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas sebelumnya, jika diimplementasikan dalam bahasa java maka seperti pada gambar berikut ini.


Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit dengan C++ (CodeBlock)

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas sebelumnya, jika diimplementasikan dalam bahasa C++ maka seperti pada gambar berikut ini.



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit dengan Python (PyCharm)

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas sebelumnya, jika diimplementasikan dalam bahasa Python maka seperti pada gambar berikut ini.



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Pemrograman Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit dengan PHP

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas sebelumnya, jika diimplementasikan dalam bahasa PHP maka seperti pada gambar berikut ini.



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Demikian pembahasan tentang Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Studi Kasus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Studi Kasus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit"