Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi

Masih pada pembahasan tentang contoh isian deskripsi diri dosen. Kali ini saya akan membagikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi.

Sebelum saya sajikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi, saya ingin mengingatkan bahwa ini adalah contoh yang mungkin bisa dibaca-baca sebagai referensi, namun saya tidak menganjurkan untuk di copy-paste, karena nanti bapak/ibu sendiri yang akan rugi karena ada unsur plagiarisme yang dinilai dalam instrumen deskripsi diri setiap dosen yang akan disertifikasi.


Berikut ini adalah Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi.



D. Manajemen/Pengelolaan Institusi

D.1. Berikan CONTOH NYATA kontribusi Saudara sebagai dosen, berupa pemikiran untuk meningkatkan kualitas manajemen/pengelolaan institusi (universitas, fakultas, jurusan, laboratorium, manajemen sistem informasi akademik, dll), implementasi kegiatan, dan bagaim

16. Implementasi kegiatan dari usulan/pemikiran

Saya pernah terlibat dalam rapat penyusunan kurikulum dan penentuan peminatan untuk program studi teknik informatika (sekarang informatika). Dalam rapat tersebut saya mengusulkan peminatan Rekayasa Perangkat Lunak dengan memberikan dasar pemikiran yang saya ambil berdasarkan referensi kebutuhan tenaga kerja di wilayah kampus. Usulan tersebut direspon baik oleh ketua program studi dan juga dari Lembaga Penjaminan Mutu, dan alhamdulillah saat ini peogram studi informatika memiliki bidang peminatan Rekayasa Perangkat Lunak. Pemikiran lain yang saya sampaikan adalah terkait peningkatan kompetensi dosen, bahwa institusi seharusnya melaksanakan peningkatan kompetensi dosen dengan mengikutsertakan dosen pada pelatihan-pelatihan profesional sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dosen sehingga kompetensi dosen meningkat dan up to date. Selain sebagai dosen alhamdulillah saya juga dipercaya sebagai Ka. Divisi Jaringan dan Sistem Informasi yang berada di bawah UPT. Pusat Komputer. Disinilah saya banyak memberikan kontribusi yang berupa pemikiran untuk meningkatkan manajemen institusi. Kontribusi yang saya berikan salah adalah membuat sebuah sistem untuk penerbitan jurnal ilmiah dengan mengimplementasikan Open Journal System (OJS), sehingga semua jurnal di Universitas Dehasen Bengkulu semua dipublikasi melalui laman jurnal online Universitas Dehasen Bengkulu. Selain itu saya bersama tim pada divisi jaringan dan sistem informasi mengembangkan elearning (https://elearning,unived.ac.id), dan memberikan pelatihan elearning kepada dosen-dosen dan para mahasiswa di Universitas Dehasen Bengkulu. Kontribusi untuk perpustakaan, saya pernah memberikan usulan kepada UPT. Perpustakaan untuk publikasi informasinya melalui website dan implementasi repository, dan saya menyampaikan terkait dengan sistemnya akan dikembangkan tim di UPT. Pusat Komputer. Alhamdulillah, usulan itu disetujui dan sekarang upt perpustakaan Universitas Dehasen Bengkulu telah memiliki laman web http://library.unived.ac.id, dan laman repository : http://repositori.unived.ac.id.


17. Dukungan institusi

Dari beberapa pemikiran dan ide yang saya sampaikan untuk pengembangan manajemen institusi, alhamdulillah dukungan institusi juga sangat baik. Dalam bidang peningkatan kompetensi dosen, institusi memberikan dukungan dana dan fasilitas bagi dosen yang ikut pelatihan profesional khususnya di program studi teknik informatika, seperti pelatihan Oracle Database, Java programming, Network Security, Redhat Certification, Mikrotik Certification, dan berbagai pelatihan profesional dalam bidang IT lainnya. Dalam bidang pengembangan sistem informasi, tidak bisa dipungkiri kebutuhan dalam implementasi IT memang dibutuhkan infrastruktur yang baik pula, kebutuhan bandwidth internet dan perangkat server menjadi sarana yang harus disiapkan oleh institusi, dan alhamdulillah institusi mendukung dengan mengadakan fasilitas tersebut dengan menambah biaya untuk peningkatan bandwidth internet dan pengadaan server. Contoh yang terbaru adalah ketika ada edaran untuk implementasi sister di semua perguruan tinggi, saya menyarankan untuk menyediakan server sendiri di Universitas Dehasen Bengkulu supaya dalam implementasi sister tidak terkendala dengan koneksi internet, masalah sinkronisasi dan backup data. Alhamdulillah pihak Universitas menerima saran yang saya berikan, dan Universitas Dehasen Bengkulu melakukan pengadaan komputer server, dan membuat SK Penugasan Implementasi SISTER, dan saya dijadikan sebagai penanggung jawab dan admin SISTER PT di Universitas Dehasen Bengkulu, selain itu juga Universitas Dehasen Bengkulu menganggarkan dana untuk Konfigurasi Server SISTER di Universitas sampai implementasi SISTER berjalan dengan baik.


D.2. Berikan CONTOH NYATA kendali diri, tanggung jawab, dan keteguhan pada prinsip yang Saudara tunjukkan sebagai dosen dalam implementasi manajemen/pengelolaan institusi.

18. Kendali diri

Sebagai dosen dan beberapa tugas tambahan di institusi, tentu banyak hal yang ditemui, termasuk hal-hal yang kurang menyenangkan atau yang menyebabkan ketidaknyamanan. Namun saya harus tetap berusaha mengendalikan diri, untuk menhindari konflik yang berdampak tidak baik bagi saya dan institusi. Dalam bidang pengajaran saya berinteraksi dengan bermacam-macam karakter mahasiswa. Pernah di tahun 2016 ada mahasiswa yang melakukan protes karena nilai akhir mata kuliah yang saya ajar kecil. Protes dilakukan melalui chat di Whatsapp, isi chatnya menurut saya kurang sopan, namun saya berusaha mengendalikan diri dan membalas chat dengan bahasa yang halus, kemudian saya jadwalkan pertemuan dengan mahasiswa yang protes nilai tersebut untuk ketemu sehingga komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Hari berikutnya mahasiswa itu datang ke ruangan saya, disitulah saya memberikan pengertian kepada mahasiswa apa saja yang membuat nilainya kecil, dan alhamdulillah mahasiswa tersebut menyadari kesalahannya kemudian meminta maaf dan saya pasti memaafkannya. Dua bulan yang lalu, saya ditunjuk sebagai narasumber dalam sosialisasi aplikasi SISTER kepada seluruh dosen Universitas Dehasen Bengkulu, di akhir acara sosialisasi ada rekan dosen yang bertanya tentang berkas fisik apakah harus diserahkan ke bagian kepegawaian di Universitas Dehasen Bengkulu? Karena pertanyaan ditujukan ke saya, maka saya berusaha menjawab dan mengaitkan dengan validasi data di SISTER yang dilakukan oleh Admin Kepegawaian PT, LLDIKTI 2 dan RISTEKDIKTI bahwa validasai dilakukan berdasarkan Lampiran File yang diunggah dosen. Ternyata jawaban yang saya berikan dianggap tidak benar oleh atasan saya, lalu atasan saya memberikan penjelasan yang menurut saya tidak sesuai dengan flowchart data pada aplikasi SISTER dan ada bahasa yang kurang mengenakkan untuk saya terima. Dalam kondisi inilah saya harus mengendalikan diri, menahan emosi dan merendahkan hati untuk menghindari konflik dan membuat suasana yang tidak nyaman. Saya usahakan untuk tidak menyangkal pendapat atasan karena berada di depan banyak dosen yang dapat mengakibatkan suasana buruk. Tapi dikemudian hari alhamdulillah setelah selesai sosialisasi saya berusaha memberikan pendapat yang sesuai dengan alur perubahan data di SISTER dan atasan saya menerimanya, akhirnya masalah selesai, suasana tetap kondusif dan pekerjaan tetap berjalan lancar.


19. Tanggung jawab

Tanggung jawab saya sebagai dosen saya terapkan dalam bidang pengajaran saya diberi tugas untuk mengajar mata kuliah pemrograman berorientasi objek, pemrograman web dan basis data, sebagai orang yang bertanggung jawab maka saya melaksanakan pengajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada kalender akademik dan jadwal kuliah, mengajar sesuai silabus/rps, memastikan mahasiswa mendapatkan materi yang up to date, memberikan penilaian secara objektif, mengganti jam tatap muka pada hari lain atau menggantinya dengan kuliah online di elearning jika ada jam kuliah yang saya berhalangan hadir. Awal tahun  2018  saya  dipercaya sebagai penanggung jawab penggunaaan aplikasi SAPTO dalam proses akreditasi (No. SK : 086- A/UNIVED/A.5/I/2018), sampai sekarang alhamdulillah sudah ada 7 program studi yang diajukan melalui SAPTO dan 4 diantaranya sudah terbit SK Akreditasi, sedangkan yang lain status berhasil upload dan menunggu berkas di terima oleh BAN-PT, ini tentu wujud tanggung jawab saya dalam manajemen atau pengelolaan institusi. Selain itu saya juga diberi tanggung jawab sebagai Admin aplikasi SISTER PT (No. SK: 094/UNIVED.F.1/A-5/IV/2018), alhamdulillah aplikasi SISTER PT Universitas Dehasen Bengkulu berjalan dengan baik. Dalam penelitian, alhamdulillah saya 2 kali mendapat hibah penelitian pada skim Penelitian Dosen Pemula, keduanya saya jalankan dengan penuh tanggung jawab, wujud tanggung jawab dalam kedua penelitian itu adalah semua janji luaran pada penelitian saya penuhi tepat waktu, kemudian pada penelitian yang pertama tahun 2017 saya menyadari ada kekeliruan pada laporan keuangan, sehingga saya harus mengembalikan dana penelitian kepada negara, alhamdulillah dengan penuh rasa tanggung jawab dana itu sudah saya kembalikan sesuai dengan jumlah yang ditentukan melalui LPPM Universitas Dehasen Bengkulu. Dalam peran saya sebagai Kepala Divisi Jaringan dan Sistem informasi, saya bertanggung jawab atas jalannya sistem informasi dan kelancaran jaringan yang ada di Universitas Dehasen Bengkulu.


20. Keteguhan pada prinsip

Saya memiliki prinsip hidup yang harus saya pertahankan. Dalam melaksanakan pekerjaan saya sebagai dosen, saya berusaha untuk selalu taat pada aturan-aturan yang telah ditetapkan baik di Universitas ataupun aturan dosen secara umum, baik dalam pengajaran, bimbingan akademik, bimbingan SKRIPSI, pengujian SKRIPSI, penelitian, pengabdian kepada masyarakat ataupun dalam menjalankan amanah saya sebagai kepala divisi jaringan dan sistem  informasi.  Contoh nyata, dalam penerapan aturan perkuliahan diakhir semester saya memberikan nilai E, kepada mahasiswa karena memang dari riwayat kuliahnya, mahasiswa ini jarang masuk, tidak mengerjakan tugas, tidak ikut ujian UTS dan UAS, di kemudian hari ada seorang rekan kerja saya yang datang ke saya meminta tolong agar nilainya dibantu supaya lulus dengan alasan mahasiswa tersebut akan ikut Wisuda, saya menanggapinya dengan tenang, dengan bahasa yang santun saya sampaikan bahwa saya tidak bisa membantu dengan alasan tersebut, karena sesuai dengan aturan dan kesepakatan pada kontrak kuliah komponen penilaian adalah kehadiran, tugas, uts dan uas. Dalam aktivitas saya membimbing atau menguji skripsi, saya berprinsip tidak menerima pemberian apapun dari mahasiswa meskipun dalam bentuk konsumsi saat ujian sidang, apapun alasannya. Pernah ada mahasiswa yang mengirimkan pulsa ke saya, dan saya tau orangnya, akhirnya seketika itu juga saya kirim balik pulsa ke mahasiswa tersebut. Dalam penelitian, ketika ada kekeliruan dalam laporan keuangan, dan saya harus mengembalikan dana penelitian, sesuai dengan prinsip saya saya tidak akan mengambil yang bukan hak saya, maka saya menganggap ini bukan hak saya, maka saya kembalikan sepenuhnya.


---------------------------
Demikian Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi. Semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung semuanya.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi"