Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rootmap Materi Kuliah Pemrograman Web

Kalian sedang kuliah pemrograman web? atau sedang ingin belajar pemrograman web di kampus kalian? Jika jawabannya "iya" maka postingan ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk menentukan apa urutan yang mestinya kalian pelajari dalam kuliah pemrograman web. Dalam hal praktek pemrograman di Youtube sudah banyak sekali tutorial tentang pemrograman web dari tingkat dasar sampai level menengah atau bahkan mahir. Namun tidak sedikit yang masih bingung dalam mengikuti tutorial atau mengembangkan hasil belajar dari tutorial tersebut untuk membuat aplikasi web yang berbeda dari tutorial yang telah dipelajari.

Nah disini saya akan berbagi tentang rootmap materi pemrograman web yang menurut saya akan sangat baik jika diterapkan, yakni belajar sesuai dengan urutan materi dalam rootmap tersebut.

Baik, langsung saja kalian perhatikan gambar berikut ini:

Rootmap Materi Pemrograman Web

Setelah melihat dan memperhatikan gambar Rootmap Materi Pemrograman Web di atas, silahkan kalian coba ikuti dengan cara mempelajari sesuai urutannya yaitu:

  1. Internet dan Teknologi Web
  2. Tools Pendukung
  3. HTML
  4. CSS
  5. Javascript
  6. BackEnd
Nah jika kalian masih bingung, saya akan berikan penjelasan terkait dengan gambar di atas.

Internet dan Teknologi Web

Sebelum kalian lebih jauh mempelajari bahasa pemrogramannya, kalian harus tau tentang teknologi yang terkait dengan web/website seperti HTTP, WWW, Web Browser, Web Server, Hosting dan Nama Domain. Kenapa ini penting, karena mau tidak mau kalian jika ingin jadi seorang web programmer, kalian pasti akan berurusan dengan teknologi yang mendukung web tersebut. Jadi silahkan pelajari beberapa teknologi web di atas, banyak sekali referensi yang bisa kalian temukan di buku, internet dll.

Tools Pendukung

Setelah kalian mengerti tentang teknologi internet dan web, kalian perlu mempelajari dan menyiapkan tools pensukung. Tools pendukung ini adalah alat yang kalian perlukan dan perlu kalian persiapkan untuk memulai belajar pemrograman web. Tools Pendukung ini sering disebut dengan Web Editor. Setalah kalian pelajari tentang tools pendukung ini, kalian akhirnya akan bisa memilih tools pendukung yang tepat untuk kalian. Adapun beberapa pilihan tools pendukung dalam pemrograman web adalah Visual Studio Code, Sublime Text, Atom, Notepad++, Dreamweaver, dll.

HTML

Setelah tools pendukung kalian siap, selanjutnya mulailah untuk belajar HTML, kalian bisa mencari referensi HTML dari banyak sumber seperti w3schools.com dan lain-lain. Beberapa topik yang penting untuk kalian pelajari di HTML seperti Tag & Atribut, List & Link, Form & Table, Semantic Web, dll.

CSS

CSS ini boleh kalian mulai peajari setelah kalian paham dengan HTML dan minimal sudah dapat membuat halaman web sederhana. Karena CSS ini adalah script yang digunakan untuk mendukung HTML seperti menambahkan format-format dan style-style yang menarik sehingga memperindah halaman web kalian. Pertama pelajari terlebih dahulu CSS 3, dan jika sudah paham dengan konsep CSS 3 dengna baik kalian boleh lanjutkan belajar CSS Framework seperti Bootstrap, Materialize, SemanticUI, Foundation, UIKit, dll.

Javascript

Selain HTML dan CSS untuk urusan front end atau antarmuka pengunjung web, diperlukan Javascript. Jadi setelah kalian belajar HTML dan CSS, kalian boleh lanjut untuk belajar Javascript (Pemrograman Javascript, Variabel, Operator, tipe data, struktur kendali, perulangan, function, array, object). Selain itu juga banyak library Javascript yang bisa kalian pelajari seperti jQuery.

BackEnd

Setelah kalian bisa membuat tampilan halaman website dengan HTML, CSS dan Javascript, maka kalian perlu belajar Backend untuk membuat web kalian bisa menjalankan logical bisnis atau logika-logika program dan berkomunikasi dengan database. Di Backend kalian bisa mempelajari bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Ruby, Java, dll. Namun kalian bisa memilih salah satu saja misalkan PHP. Saya sendiri sering menggunakan PHP untuk bahasa pemrograman backend-nya. Kemudian untuk urusan data, kalian perlu belajar database. Adapun database yang sering digunakan dalam aplikasi web adalah MySQL dan PostgreSQL.

----
Nah, jadi itulah rootmap versi saya yang mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian yang akan belajar pemrograman web. Namun rootmap itu belum selesai, tapi setidaknya dengan rootmap itu kalian sudah dapat membangun aplikasi web dinamis yang menggunakan database, seperti web profile, sistem informasi akademik, sistem informasi kepegawaian, sistem pembayaran sekolah  berbasis web dll.

Jika kalian ingin melanjutkan mempelajari pemrograman web, kalian bisa mempelajari PHP Framework seperti Codeigniter, Laravel, Yii Framework dll.

OK, sementara itu dulu sharing saya hari ini. Mudah-mudahan yang sedikit ini ada manfaatnya. Jika ada kritik dan saran atau ingin berkomentar untuk menjalin silaturahmi silahkan tuliskan di kolom komentar postingan ini. Terima kasih...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Rootmap Materi Kuliah Pemrograman Web"