Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Huruf Hijaiyah, Pengertian Huruf Hijaiyah dan Macam-Macam Huruf Hijaiyah

Dalam proses belajar membaca Al Qur'an, kita semua tentu mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah adalah huruf-huruf penyusun kata yang ada dalam Al Qur'an. Jika dalam bahasa Indonesia ada huruf alfabet yang digunakan untuk menyusun sebuah kata dan selanjutnya bisa menjadi kalimat, huruf hijaiyah juga memiliki peran yang sama dengan huruf alfabet dalam bahasa Indonesia.


----------------------------------------------
Dalam buku yang berjudul "Panduan Ilmu Tajwid Bergambar, Mudah Dan Praktis" yang ditulis oleh Dr. Aiman Rusydi Suwaid dan diterjemahkan oleh Ust. Umar Mujtahid, Lc diterangkan bahwa huruf-huruf hijaiyah dalam pengucapan ada 29 huruf. Sedangkan huruf-huruf abjad Arab dalam tulisan ada 28 huruf.

Huruf-Huruf Hijaiyah (Dalam Pengucapan)

Huruf-huruf hijaiyah sebanyak 29 huruf itu diurut tertibkan oleh Imam Nashr bin Ashim Al-Laitsi (wafat tahun 90 H) sesuai kesamaan dalam tulisan dan titik, untuk membedakan diantara huruf-huruf yang hampir sama. Berikut ini urutan huruf-huruf hijaiyah:

أ ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن ه و لا ي

Alif yang ada di awal huruf hijaiyah adalah hamzah. Sementara alif panjang adalah huruf di bagian sebelum akhir huruf-huruf hijaiyah, ditulis seperti ini (لا) karena selalu disukun dan harakat huruf sebelumnya selalu fathah.

Huruf-Huruf Abjad Arab (Dalam Tulisan)

Urutan huruf-huruf abjad Arab menurut ulama timur :

أَبْجَدْ هَوَّزْ حُطِّي كَلَمُنْ سَعْفَصْ قَرَشَتْ ثَخَذٌ ضَظَغٌ

Sedangkan menurut ulama barat :

أَبْجَدْ هَوَّزْ حُطِّي كَلَمُنْ صَعْفَضْ قَرَسَتْ ثَخَذٌ ظَغَشٌ

Asy-Syathibi dalam Hirzul Amani meniru urutan huruf-huruf abjad Arab ulama barat. Langkah yang sama juga diikuti Ibnul Jazari dalam Ath-Thayyibah.
----------------------------------------------

Setelah mengetahui macam-macam huruf hijaiyah seperti yang diterangkan dalam buku yang dikutip di atas, maka mari kita sama-sama mempelajari lebih lanjut tentang huruf-huruf hijaiyah tersebut.

Mengenal huruf hijaiyah amatlah penting. Karena itulah yang akan menjadi dasar kita untuk membaca kitab suci yang agung yaitu Al Qur’an.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar membaca Al-Qur'an. Namun penyesalan bisa saja terjadi jika kita juga tidak kunjung memulai untuk belajar dan memperbaiki bacaan Al Qur'an.

Karena membaca al-qur’an adalah ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT,

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

Dalam postingan blog ini kedepan insyaAllah akan disajikan tentang makhraj, cara pengucapan dan sifat-sifat yang dimiliki pada masing-masing huruf hijaiyah dan akan disajikan dalam bentuk teks dan gambar.

Postingan ini adalah catatan yang bisa kita baca bersama, sebagai pengingat jika saya lupa karena saya juga sedang belajar untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an.

Jika ada kesalahan dalam postingan ini, mohon untuk dikoreksi dengan cara menuliskannya di kolom komentar.

Akhirnya, saya sangat berharap mudah-mudahan postingan ini bermanfaat dan saya mohon maaf jika terdapat kalimat atau kata yang salah dalam postingan ini.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Huruf Hijaiyah, Pengertian Huruf Hijaiyah dan Macam-Macam Huruf Hijaiyah"