Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Hijaiyah (Hamzah, Ba', Ta', Tsa', Jim, Ha' dan Kho')

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin. 

Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang Huruf Hijaiyah, Pengertian Huruf Hijaiyah dan Macam-Macam Huruf Hijaiyah yang saya ambil dari referensi buku yang berjudul "Panduan Ilmu Tajwid Bergambar, Mudah Dan Praktis" yang ditulis oleh Dr. Aiman Rusydi Suwaid dan diterjemahkan oleh Ust. Umar Mujtahid, Lc.

Pada postingan ini saya akan membahas tentang Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-sifat Huruf Hijaiyah dari mulai dari huruf Hamzah, Ba', Ta', Tsa', Jim, Ha' sampai dengan huruf Kho'



Adapun dalam pembahasan ini saya masih mengambil referensi dari buku yang sama yaitu buku yang berjudul "Panduan Ilmu Tajwid Bergambar, Mudah Dan Praktis" yang ditulis oleh Dr. Aiman Rusydi Suwaid dan diterjemahkan oleh Ust. Umar Mujtahid, Lc. Dan khusus untuk cara pengucapan masing-masing huruf hijaiyah saya mengambil referensi dari buku yang berjudul "Panduan Tahsin dan Tilawah" yang ditulis oleh H. Ahmad Muzzammil MF. Al Hafizh.

Selanjutnya pembahasan ini akan disertai dengan gambar yang saya kemas untuk memudahkan bagi yang ingin menyimpan di smartphone dan lain-lain. 

Berikut ini pembahasan masing-masing huruf hijaiyah dari mulai hamzah sampai dengan kho'.

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Hamzah (أ)



Makhroj Huruf Hamzah Terletak pada Pangkal Tenggorokan, adapun cara pengucapannya seperti huruf A, mulut dibuka (Aa). Sedangkan Huruf Hamzah memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Jelas (Jahr)
  2. Keras (Syiddah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Ba' (ب)



Makhroj Huruf Ba’ Terletak pada Bibir (Merapatkan Kedua Bibir), adapun Cara Pengucapannya seperti huruf B, tidak disertai nafas (Ba). Sedangkan Huruf Ba’ memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Jelas (Jahr)
  2. Keras (Syiddah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)
  5. Memantul (Qalqalah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Ta' (ت)



Makhroj Huruf Ta’ Terletak pada Lidah (Ujung lidah bertemu Gusi Atas), adapun Cara Pengucapannya adalah Lidah menempel di gusi bagian atas, tidak boleh keluar (Ta). Sedangkan Huruf Ta’ memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Samar (Hams)
  2. Keras (Syiddah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Tsa' (ث)



Makhroj Huruf Tsa’ Terletak pada Ujung Lidah Dengan Ujung Gigi Seri Bagian Atas, adapun Cara Pengucapannya adalah Ujung lidah sedikit dikeluarkan, lidah bertemu ujung gigi (tsa). Sedangkan Huruf Tsa’ memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Samar (Hams)
  2. Lunak (Rakhwah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Jim (ج)



Makhroj Huruf Jim Terletak pada Bagian tengah lidah dan bagian tengah langit-langit mulut paling atas, adapun Cara Pengucapannya adalah Seperti huruf J, tidak boleh disertai nafas (ja). Sedangkan Huruf Jim memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Jelas (Jahr)
  2. Keras (Syiddah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)
  5. Memantul (Qolqolah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Ha' (ح)



Makhroj Huruf Ha' Terletak pada Bagian Tengah Tenggorokan (Katup pangkal tenggorokan), adapun Cara Pengucapannya adalah Seperti suara pernafasan, suara bersih dan nyaring (ha). Sedangkan Huruf Ha' memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Samar (Hams)
  2. Lunak (Rakhwah)
  3. Merendah (Istifal)
  4. Terbuka (Infitah)

Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Kho' (خ)



Makhroj Huruf Kho' Terletak pada Bagian Tenggorokan Paling Atas (Daerah pangkal lidah dan langit-langit mulut yang berdaging), adapun Cara Pengucapannya adalah Suara agak kasar (kho). Sedangkan Huruf Kho' memiliki sifat-sifat huruf sebagai berikut:
  1. Dibaca Samar (Hams)
  2. Lunak (Rakhwah)
  3. Naik (Isti'la)
  4. Terbuka (Infitah)

-----------------
Demikian pembahasan Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Hijaiyah (Hamzah, Ba', Ta', Tsa', Jim, Ha' dan Kho'). Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pembahasan ataupun dalam penyusunan kalimat dalam postingan ini.

Kritik dan saran silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

2 komentar untuk "Makhraj, Cara Pengucapan dan Sifat-Sifat Huruf Hijaiyah (Hamzah, Ba', Ta', Tsa', Jim, Ha' dan Kho')"

  1. Assalamu'alaikum.. Izin save gambar boleh pak?.. Mau sya letak di rangkuman tajwid utk anak didik sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam... silahkan di save dan dimanfaatkan jika dirasa bisa memberi manfaat... mohon juga jika ada kesalahan dikoreksi dengan memberi komentar pada postingan ini...

      Terima kasih...

      Hapus