Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tajwid Al Qur'an Bab Hukum-Hukum Nun Sukun dan Tanwin Disertai Desain Poster Tajwid Yang Dapat Didownload

Semoga teman-teman pengunjung blog ini selalu dalam keadaan sehat wal'afiat. Kali ini admin akan posting tentang Tajwid Al Qur'an Bab Hukum-Hukum Nun Sukun dan Tanwin Disertai Desain Poster Tajwid Yang Dapat Didownload. Sebelumnya admin sudah posting tentang 5 Hadits Nabi Tentang Keutamaan Membaca Al-Quran Dilengkapi Dengan Gambar Poster Hadits Untuk Didownload.

Sebelum masuk ke pembahasan yang spesifik tentang Hukum Nun Sukun dan Tanwin, perlu kita ketahu bersama apa itu Tajwid.

Menurut etimologi, tajwid artinya memperbagus. Jawwada yujawwidu artinya hassana yuhassinu (memperbagus). Sedangkan menurut terminologi, tajwid adalah ilmu untuk mengetahui pengucapan huruf-huruf Arab secara benar dengan mengetahui makhraj-makhrajnya, sifat-sifat inti (asli) dan yang bukan inti (bukan asli) serta hukum-hukum yang muncul darinya. Dikutip dari : Panduan Ilmu Tajwid Bergambar Mudah dan Paktis (Dr. Aiman Rusydi Suwaid).

Tentang makhraj dan sifat-sifat huruf, telah dibahas pada postingan-postingan sebelumnya di blog ini. Dan pada postingan ini kami akan membahas tentang Hukum Nun Sukun dan Tanwin.


Hukum nun mati (sukun) dan tanwin adalah salah satu tajwid yang terdapat dalam Al-Qur'an. Hukum ini berlaku jika nun sukun atau tanwin bertemu huruf-huruf tertentu. Hukum ini terdiri dari 5 jenis, yaitu izh-har, idgham bi ghunnah, idgham bila ghunnah, iqlab, dan ikhfa'.

Izh-har



Jika nun sukun atau tanwin bertemu/menghadap salah satu huruf izh-har yaitu Ghain ( غ ), Ain ( ع ), Hamzah ( ء ), Haa ( ه ), kha (خ) dan Ha ( ح ) cara membacanya jelas, dan terang tidak diperbolehkan untuk mendengung.

Idgham Bi Ghunnah



Jika nun sukun atau tanwin bertemu huruf huruf seperti: mim (م), nun (ن) wau (و), dan(ي), ia harus dibaca dengan ditahan.

Idgham Bila Ghunnah



Jika nun sukun atau tanwin bertemu huruf-huruf seperti ra' (ر) dan lam (ل), maka ia dibaca tanpa dengung.

Pengecualian
Jika nun sukun bertemu dengan keenam huruf idgam tersebut tetapi ditemukan dalam satu kata, seperti بُنْيَانٌ, اَدُّنْيَا, قِنْوَانٌ, dan صِنْوَانٌ, maka nun sukun atau tanwin tersebut dibaca jelas.

Iqlab



Hukum ini terjadi apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba' (ب). Dalam bacaan ini, bacaan nun sukun atau tanwin berubah menjadi bunyi mim.

Ikhfa'



Jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf seperti ta'(ت), tsa' (ث), jim (ج), dal (د), żal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), sad (ص), dad (ض), tha (ط), zha (ظ), fa' (ﻑ), qaf (ق), dan kaf (ك), ia harus dibaca samar-samar (antara Izhar dan Idgam)

-------------------------------
Demikian postingan tentang Tajwid Al Qur'an Bab Hukum-Hukum Nun Sukun dan Tanwin Disertai Desain Poster Tajwid Yang Dapat Didownload. Semoga ada manfaatnya, dan jika ada kritik dan saran yang bersifat membangun dalam bentuk koreksi terhadap konten ini silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. 

Terima kasih....
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Tajwid Al Qur'an Bab Hukum-Hukum Nun Sukun dan Tanwin Disertai Desain Poster Tajwid Yang Dapat Didownload"