Widget HTML #1

Kewajiban Menuntut Ilmu dan Do'a Memohon Ilmu Yang Bermanfaat


Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Hal ini sesuai dengan hadits Rosulullah SAW yakni 
"Menuntut ilmu itu hukumnya wajib, bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan"
Kita diwajibkan menuntut ilmu tentu ada alasan dan tujuan yang mulia yaitu karena ada banyak keutamaan ilmu. Beberapa keutamaan ilmu diantaranya adalah:
  1. Ilmu adalah kekhususan, ilmu adalah keistimewaan yang Allah SWT khususkan hanya untuk manusia semata. Selain ilmu, manusia dan hewan memiliki kesamaan.
  2. Ilmu dapat mengantarkan seseorang menuju kepada kebajikan dan ketaqwaan. Dan sebab ketaqwaan itu, seseorang dapat memperoleh kemuliaan di sisi Allah SWT, dan kebahagiaan abadi.
Selain itu, secara khusus, Allah SWT bahkan memberikan posisi yang mulia bagi para penuntut ilmu. Seperti disebutkan dalam firman-Nya di Surah Al Mujadilah ayat 11.

یَرۡفَعِ اللّٰہُ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡکُمۡ ۙ وَ الَّذِیۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ 

"Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Mujadalah ayat 11).

Dalam menuntut ilmu kita harus bersungguh-sungguh, terus menerus, dan komitmen, serta tidak berhenti hingga tujuan dari menuntut ilmu tersebut tercapai. 

Keberhasilan dalam menuntut ilmu tidak bisa hanya dari kesungguhan seorang penuntut ilmu/pelajar, namun guru dan orang tua tentu sangat menentukan keberhasilan dalam menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu adalah perintah Allah SWT, maka tugas kita adalah belajar dan belajar. Karena tingat akal manusia (kecerdasan manusia) berbeda-beda maka kesungguhan dalam menuntut ilmu itulah yang menjadi kunci.

Jika kita menjadi seorang pelajar, maka belajarlah dengan sungguh-sungguh, pantang menyerah dan jangan lupa untuk berdo'a agar ilmu yang kita dapatkan bermanfaat.

Berikut ini adalah do'a memohon ilmu yang bermanfaat:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

"Ya Allâh! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

Do'a memohon ilmu yang bermanfaat di atas mengandung beberapa faidah diantaranya:
  1. Do’a termasuk diantara do’a yang dibaca pada dzikir pagi.
  2. Syaikh Abdurrazaq hafizhahullâh mengatakan bahwa orang yang merenungi do’a yang agung ini, dia akan dapati bahwa sangat tepat dan cocok membaca do’a ini diwaktu pagi setelah menunaikan shalat Shubuh. Karena pagi hari adalah permulaan hari dan seorang Muslim tidak memiliki keinginan lain kecuali meraih tujuan dan maksud agung yang disebutkan dalam hadits di atas. Jika disadari, maka tentu hatinya akan semakin terfokus dan langkah-langkahnya semakin mantap.
  3.  Beliau juga mengatakan bahwa membaca do’a ini bukan sekedar untuk menetapkan dan mengingat tujuan hidupnya tapi lebih dari itu yaitu membuktikan tadharru’nya dan ketergantuangnya kepada Allâh Azza wa Jalla.
  4. Do’a yang diajarkan Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas menunjukkan bahwa ilmu itu ada dua, ada yang bermanfaat dan ada yang tidak bermanfaat; rezeki ada dua, ada yang baik dan ada yang jelek.
  5. Sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam “amalan mutqabbalan” yang artinya amalan yang diterima menunjukkan bahwa tidak semua amalan ibadah yang dilakukan oleh hamba itu itu diterima. Yang diterima hanyalah yang dilakukan sesuai sunnah dan dilakukan dengan ikhlash. Oleh karenanya, hendaklah mewaspadai diri kita dan amalan kita.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Kewajiban Menuntut Ilmu dan Do'a Memohon Ilmu Yang Bermanfaat"

Support blog ini melalui saweria.co