Widget HTML #1

Algoritma, Flowchart dan Contoh Pemrograman Untuk Menghitung Faktorial Menggunakan Bahasa Pemrograman C++, Java dan Python

Halo semuanya, selamat datang kembali di blog HariAspriyono.Com. Kembali kita akan belajar membuat Algoritma, Flowchart dan Implementasi Pemrogramannya pada Bahasa Pemrograman C++, Java dan Python. Contoh kasus kali ini adalah kita akan Menghitung Faktorial.

Sebelum lebih jauh kedalam pokok pembahasan, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu faktorial. Dalam ilmu matematika, faktorial adalah hasil perkalian menaik, dan simbol faktorial ditulis dengan tanda seru (!). Contohnya, 3 faktorial ditulis dengan 3!, dan nilainya adalah 1 x 2 x 3 = 6, atau 8 faktorial ditulis dengan 8! = 1 x 2 x 3 x 4 x 5 x 6 x 7 x 8 = 40320.

Setelah kita mengetahui tentang faktorial selanjutnya akan dicontohkan cara membuat program untuk menghitung faktorial. Pada postingan ini akan kami uraikan bagaimana membuat program untuk menghitung faktorial yang akan dimulai dengan memberikan contoh Algoritma, Flowchart dan contoh program menghitung faktorial menggunakan berbagai bahasa pemrograman yaitu C++, Java dan Python.

Algoritma Untuk Menghitung Faktorial

Setelah mengetahui tentang faktorial dan cara menghitung faktorial, selanjutnya akan dicontohkan algoritma dalam menghitung Faktorial sebagai berikut:
  1. Mulai
  2. Deklarasi variabel angka, hasil dan i
  3. Input nilai angka yang akan dicari faktorialnya
  4. Proses faktorial
  5. Tampilkan hasil faktorial
  6. Selesai

Flowchart Untuk Menghitung Faktorial

Berikut ini adalah contoh flowchart untuk menghitung faktorial:



Contoh Program Untuk Menghitung Faktorial

Setelah algoritma dan flowchart Untuk Menghitung Faktorial selesai dibuat, selanjutnya akan kita implementasikan ke dalam bahasa pemrograman. Dalam contoh ini akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman C++, Java dan Python.

Membuat Program Menghitung Faktorial dalam Bahasa C++

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Faktorial, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman C++ maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Membuat Program Menghitung Faktorial dalam Bahasa Java

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Faktorial, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Membuat Program Untuk Menghitung Faktorial dalam Bahasa Python
Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Faktorial, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)


Ok kawan, demikian Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Untuk Menghitung Faktorial dengan contoh yang diimplementasikan dalam beberapa bahasa pemrograman dari mulai Java, C++, Python dan PHP. 

Silahkan dipelajari untuk menambah referensi dan semoga bermanfaat untuk kehidupan.

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar ya... :)
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Algoritma, Flowchart dan Contoh Pemrograman Untuk Menghitung Faktorial Menggunakan Bahasa Pemrograman C++, Java dan Python"

Support blog ini melalui saweria.co