Widget HTML #1

Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata Dalam Bahasa Pemrograman C++, Java dan Python

Kembali kita akan belajar membuat Algoritma, Flowchart dan Implementasi Pemrogramannya pada Bahasa Pemrograman C++, Java, Python. Contoh kasus kali ini adalah kita akan menghitung nilai rata-rata dengan jumlah angka yang ditentukan.



Sebelum lebih jauh, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu nilai rata-rata. Nilai rata-rata adalah angka representasi atau biasa juga disebut sebagai mean dari suatu kelompok data yang mewakili data secara keseluruhan. Nilai rata-rata biasa digunakan untuk membandingkan kualitas suatu kelompok dengan kelompok lain, mewakili kondisi suatu kelompok dengan 1 angka, mendeskripsikan suatu kelompok dengan singkat.

Pada postingan ini akan kami uraikan bagaimana menghitung nilai rata-rata dari beberapa nilai yang jumlahnya ditentukan dalam bentuk Algoritma, Flowchart dan contoh penerapan menghitung nilai rata-rata menggunakan tiga bahasa pemrograman yaitu C++, Java, Python.

Algoritma Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata

Algoritma Untuk Mmenghitung nilai rata-rata seperti yang dimaksud di atas adalah sebagai berikut:
  1. Mulai
  2. Definisikan variabel angka, total, ratarata, jmlAngka dan i
  3. Masukkan nilai dari variabel jmlAngka
  4. Tentukan nilai awal variabel total dengan 0
  5. Proses Menghitung Nilai Rata-Rata dengan perulangan
  6. Tampilkan hasil rata-rata
  7. Selesai

Flowchart Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata

Dari algoritma yang telah diuraikan di atas, dapat digambarkan flowchart program untuk menghitung nilai rata-rata sebagai berikut:



Contoh Program Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata

Setelah algoritma dan flowchart Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata selesai dibuat, selanjutnya akan kita implementasikan ke dalam bahasa pemrograman. Dalam contoh ini akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman C++, Java, Python.

Membuat Program Menghitung Nilai Rata-Rata dalam Bahasa C++

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Nilai Rata-Rata, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman C++ maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Membuat Program Menghitung Nilai Rata-Rata dalam Bahasa Java

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Nilai Rata-Rata, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Membuat Program Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata dalam Bahasa Python

Dari algoritma dan flowchart yang telah dibahas tentang bagaimana Menghitung Nilai Rata-Rata, jika diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Python maka seperti pada gambar berikut ini:



Keterangan :
  1. Source Code
  2. Output (Hasil Running Program)

Ok, demikian Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata dengan contoh yang diimplementasikan dalam beberapa bahasa pemrograman dari mulai Java, C++, Python. 

Silahkan dipelajari lebih teliti sehingga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk kehidupan.

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar ya... :)
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Untuk Menghitung Nilai Rata-Rata Dalam Bahasa Pemrograman C++, Java dan Python"

Support blog ini melalui saweria.co