Widget HTML #1

Pembimbing Skripsi Sangat Kritis dan Galak? Begini Cara Menghadapinya

Halo mahasiswa tingkat akhir, apa kabar? semoga sehat-sehat ya dan tetap semangat bimbingan skripsi. Yakinlah pembimbingmu adalah manusia biasa :). 


Bagi mahasiswa akhir yang ketemu pembimbing yang kritis dan galak mungkin sudah ada yang hampir putus asa. Oh jangan putus asa dulu ya, berikut ini ada beberapa saran yang dapat kalian lakukan untuk proses bimbingan kalian jika menemukan pembimbing yang kritis dan sedikit galak.

Jaga Komunikasi Dengan Baik

Pastikan kamu memiliki komunikasi yang terbuka dengan pembimbingmu. Berbicaralah dengan sopan dan jelas, dan dengarkan dengan saksama setiap masukan atau kritik yang diberikan.

Jadwalkan Pertemuan Secara Teratur

Buat jadwal pertemuan rutin dengan pembimbingmu untuk membahas perkembangan skripsimu. Hal ini akan membantu mengurangi kebingungan dan memungkinkan kamu mendapatkan bimbingan yang tepat waktu.

Persiapkan Diri Sebelum Bertemu Pembimbing

Sebelum bertemu dengan dosen pembimbing, persiapkan pertanyaan dan materi yang ingin kamu diskusikan. Sediakan contoh-contoh konkret atau hasil penelitian terkait untuk mendukung argumenmu.

Jangan Terlalu Defensif

Ingatlah bahwa kritik dari pembimbing adalah bagian dari proses pembelajaran. Cobalah untuk menerima masukan tersebut dengan terbuka dan gunakan kritik tersebut untuk memperbaiki skripsi kamu.

Tampilkan Kesungguhan dan Keinginan Untuk Belajar

Tunjukkan kepada pembimbingmu, bahwa kamu sungguh-sungguh dan berkomitmen untuk menyelesaikan skripsi dengan baik. Tanyakan pertanyaan yang relevan dan cari tahu cara-cara untuk meningkatkan kualitas penelitianmu.

Cari Sumber Daya Tambahan

Selain pembimbing, jangan ragu untuk mencari sumber daya tambahan seperti buku, artikel, atau sumber belajar online untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas dan ide-ide baru. Pastikan kamu menggunakan referensi atau sumber daya tambahan yang kamu dapatkan saat sharing dengan pembimbingmu.

Manfaatkan Umpan Balik

Gunakan umpan balik yang kamu terima dari pembimbing untuk terus mengembangkan skripsimu. Jangan merasa terlalu terpukul atau putus asa, tetapi gunakan kritik tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki diri.

Jaga Catatan dan Dokumentasikan Pertemuan

Selalu catat hasil pertemuan dan arahan yang diberikan oleh pembimbingmu. Cara ini akan membantu kamu untuk mengingat detail penting dan memastikan bahwa tidak ada yang terlewat dalam proses penulisan skripsi. Kamu juga boleh merekam dengan smartphone proses bimbinganmu, sehingga dapat diputar ulang saat kamu melakukan perbaikan skripsimu.

Jangan Menunda Pekerjaan

Usahakan untuk tidak menunda pekerjaan dan tetap berada di jalur yang telah ditentukan. Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari stres dan tekanan yang tidak perlu.

Jaga Motivasi dan Tetap Positif

Ingatlah bahwa proses skripsi mungkin tidak selalu mudah, tetapi jangan biarkan itu menghancurkan semangatmu. Tetaplah bersemangat, jaga motivasi, dan fokus pada tujuan akhirmu untuk menjadi Sarjana sesuai jurusanmu.


---

Nah itulah tadi beberapa saran yang mudah-mudahan dapat membantu kamu untuk tetap semangat bimbingan skripsi. Semoga bermanfaat..

Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Pembimbing Skripsi Sangat Kritis dan Galak? Begini Cara Menghadapinya"

Dapatkan Desain Produk Desain Huruf Hijaiyah dan Source Code Program PHP DI SINI