Widget HTML #1

Apa itu SISTER, Apa Fungsi SISTER dan Apa Manfaat SISTER Bagi Dosen Indonesia

Di perguruan tinggi, peran dosen tidak hanya terbatas pada mengajar. Selain itu, dosen juga terlibat dalam berbagai aktivitas tridharma perguruan tinggi seperti pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketika dosen terlibat dalam berbagai aktivitas ini, mereka sering memerlukan data untuk mencatat berbagai kegiatan yang dilakukan. 

Pada tanggal 23 Februari 2018, Direktorat Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menerbitkan Surat Edaran nomor 649/D1 Tahun 2018 yang membahas mengenai Penerapan Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Aplikasi ini dimaksudkan untuk digunakan oleh para tenaga pendidik di perguruan tinggi, seperti dosen, agar mereka dapat bertanggung jawab atas data pribadi yang mereka masukkan ke dalam sistem. Perguruan tinggi memainkan peran sebagai pihak yang memvalidasi data tersebut. Aplikasi SISTER ini akan menjadi sumber informasi yang berisi portofolio tenaga pendidik di seluruh Indonesia.


Apa itu SISTER?

Dalam lingkungan dosen dan perguruan tinggi, SISTER adalah sebuah istilah yang sering terdengar. SISTER merupakan kependekan dari "Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi" yang merupakan sistem yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Apa Fungsi SISTER?

SISTER memiliki peran penting dalam membantu dosen menyimpan data dengan baik. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membuat portofolio untuk mencatat semua kegiatan yang berkaitan dengan tugas dosen di perguruan tinggi. Data-data ini dapat disimpan dengan aman dan lengkap di SISTER tanpa risiko kehilangan.

Apa Manfaat SISTER?

SISTER memiliki manfaat yang beragam, di antaranya:
  1. Membantu dalam pengembangan karir dosen: SISTER membantu dosen mengatur portofolio pengembangan karir mereka dengan baik, termasuk penilaian angka kredit, sertifikasi dosen, dan proses lainnya.
  2. Mengurangi beban dosen dalam mengisi portofolio: Dengan SISTER, dosen akan lebih mudah saat melakukan validasi database PDDIKTI karena sudah menyiapkan portofolio mereka.
  3. Data yang lebih mutakhir dalam perencanaan portofolio: SISTER adalah satu tempat untuk semua kebutuhan dosen terkait karir mereka, sehingga perencanaan dan pembaruan data menjadi lebih efektif dan efisien.

Bagi dosen di indonesia, awalnya dosen dapat mengakses sister melalui server SISTER yang berada di masing-masing perguruan tinggi, namun per 07 Agustus 2023 SISTER sudah terpusat pada Cloud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 
Platform SISTER hadir dengan pembaruan teknologi untuk meningkatkan kemudahan pengguna. Jelajahi SISTER yang lebih cepat, andal & efisien.
Untuk mengakses SISTER, dosen dapat mengakses melalui url https://sister.kemdikbud.go.id.


SISTER Kemdikbud

Jika ada kendala masalah penggunaan sister dapat menghubungi pusat bantuan yang tersedia pada laman sister. Mudah-mudahan postingan ini ada manfaatnya.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Apa itu SISTER, Apa Fungsi SISTER dan Apa Manfaat SISTER Bagi Dosen Indonesia"

Support blog ini melalui saweria.co