Widget HTML #1

Cara Menghemat Pengeluaran Tanpa Kehilangan Kenikmatan Hidup, Mungkinkah?

Halo pembaca blog saya yang budiman, kali ini saya akan membahas tentang kehidupan hehe. Pembahasan ini sebenarnya adalah ringkasan dari pembahasan di channel youtube mas Arli. Menurut saya ini sangat penting sekali sehingga saya tulis disini untuk saya bagikan dan juga sebagai pengingat saya ketika lupa jadi saya bisa kembali membuka catatan saya disini.

Cara Menghemat Pengeluaran
Gambar: Freepik.Com

Baik, jadi pada postingan ini saya akan membagikan tentang bagaimana Cara Menghemat Pengeluaran Tanpa Kehilangan Kenikmatan Hidup. Sebagian orang mungkin akan berfikir, ketika berhemat maka kenikmatan akan berkurang. Tapi tenang, karena kenikmatan itu berbanding lurus dengan kesyukuran, bukan dengan pemborosan. 

Cara Menghemat Pengeluaran

Nah berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan agar dapat Menghemat Pengeluaran Tanpa Kehilangan Kenikmatan Hidup:

1. Membuat Anggaran Pengeluaran

Langkah pertama untuk menghemat pengeluaran adalah dengan membuat anggaran. Buatlah daftar pendapatan dan keluaran bulanan kita. Dengan begitu, kita dapat melihat dengan jelas seberapa besar uang yang dapat dialokasikan untuk kebutuhan dan keinginan.

Misalnya, jika pendapatan bulanan kita adalah 5 juta, alokasikan 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan sisanya 20% untuk tabungan.

2. Kurangi Tagihan Listrik

Hemat energi untuk hemat uang. Matikan peralatan yang menggunakan listrik yang tidak digunakan, kita dapat memanfaatkan pencahayaan alami, dan pertimbangkan untuk menggunakan perangkat elektronik yang ramah lingkungan.

Misalnya kita dapat mengganti lampu biasa dengan lampu LED yang lebih hemat energi.

3. Kurangi Pengeluaran Makan

Cobalah untuk memasak sendiri di rumah, kurangi memesan makanan di luar jika memang dirasa akan lebih boros. Utamakan makanan sehat sesuai kebutuhan tubuh, dan tidak perlu terlalu mengejar rasa yang belum tentu sehat dan dibutuhkan tubuh.

Misalnya kita dapat membeli bahan makanan dalam jumlah yang banyak di pasar dan kita dapat memasaknya untuk beberapa hari ke depan.

4. Hindari Barang yang Tidak Perlu

Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan apakah itu benar-benar diperlukan. Hindari impulsive buying dan berpikir panjang sebelum membuat keputusan pembelian. Pastikan dasar membeli sesuatu itu karena butuh, bukan karena senang, suka atau tertarik.

Misalnya, jangan mudah tergoda untuk membeli pakaian atau barang-barang dekorasi rumah yang tidak diperlukan.

5. Belanja dengan Cerdas

Jangan mudah tergoda diskon, potongan harga, atau program loyalitas saat berbelanja. Pastikan anda belanja sesuai dengan rencana, jika perlu membawa catatan, kalaupun ketemu barang diskon pastikan sebelum beli barang itu meang ada dalam catatan yang akan dibeli.

6. Gunakan Transportasi Umum

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga ramah lingkungan. Atau memilih menggunakan kendaraan yang biaya transportasinya lebih murah. Pastikan kendaraan pribadi yang kita pakai bukan kendaraan kreditan, pastikan beli cash.

Misalnya kita bisa naik bus atau kereta api ke tempat kerja, jika memungkinkan. Atau bisa naik sepeda motor.

7. Kurangi Pengeluaran Hiburan

Pilih kegiatan hiburan yang lebih terjangkau atau gratis. Hindari kebiasaan menghabiskan uang untuk hiburan yang mahal.

Misalnya gantilah nonton bioskop dengan menonton film di rumah atau mencari acara gratis atau murah.

8. Membuat Daftar Prioritas

Tentukan prioritas dalam pengeluaran kita. Fokus pada kebutuhan sebelum keinginan. Misalnya memprioritaskan pembayaran tagihan sebelum membeli barang-barang yang tidak urgent.

9. Gunakan Produk Tahan Lama

Investasikan dalam produk tertentu yang tahan lama, meskipun harganya sedikit lebih tinggi. Ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang karena kita tidak perlu sering mengganti barang.

Misalnya beli sepatu yang berkualitas yang tahan lama daripada membeli sepatu murah yang cepat rusak. Tapi ini juga harus diimbangi dengan tidak menjadi orang yang cepat bosan.

10. Merencanakan Tujuan Menabung

Tentukan tujuan menabung jangka pendek dan panjang. Ini dapat memberi motivasi untuk mengontrol pengeluaran.

Misalnya, kita dapat menabung untuk liburan atau membeli barang impian.

11. Hindari Menabung di Rekening

Pilih instrumen investasi yang memberikan hasil yang lebih tinggi daripada menabung di rekening biasa. Ini membantu uang kita berkembang lebih cepat. Tapi pertimbangkan juga hukum dari transaksinya.

Misalnya, pertimbangkan untuk berinvestasi ke tanah, atau reksadana yang transaksinya syar'i.

Kesimpulan

Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana ini, insyaAllah kita dapat menghemat pengeluaran tanpa mengorbankan kenyamanan hidup kita. Ingatlah bahwa mengelola uang dengan bijak adalah kunci untuk mencapai kestabilan finansial kita semua.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Pengeluaran Tanpa Kehilangan Kenikmatan Hidup, Mungkinkah?"

Support blog ini melalui saweria.co