Widget HTML #1

Hindari Pengisian Laporan BKD di Akhir Waktu dari Jadwal yang Telah Ditetapkan

Beban kerja dosen (BKD) merupakan gambaran beban SKS dosen melaksanakan Tri Dharma dalam satu semester ke depan dengan unsur-unsur utama terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Apa itu BKD?

Beban Kerja Dosen (BKD) merupakan kegiatan yang diwajibkan kepada Dosen dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik profesional dan ilmuwan pada kurun waktu tertentu. Secara detail dijelaskan dalam UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 72.

Pelaporan BKD wajib dilakukan setiap semester di perguruan tinggi penugasan, dengan persyaratan pencapaian minimal 12 sks dan maksimal 16 sks.

Siapa yang harus melaporkan BKD?

Dosen yang diwajibkan untuk melaporkan BKD adalah dosen-dosen yang aktif bekerja dengan status di SISTER:
  • Tugas belajar
  • Aktif
Sedangkan, dosen yang tidak diharuskan melaporkan BKD adalah mereka yang tidak aktif dengan status:
  • Cuti
  • Tidak aktif
  • Sedang izin belajar

Kapan Waktu Pelaporan BKD?

Waktu pelaporan BKD adalah sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk tiap semesternya. Dosen dapat melihat jadwal pengisian Laporan BKD, pada laman sister masing-masing di menu Layanan BKD dan masuk pada Menu Rekap Kegiatan dan masuk pada periode BKD berjalan.

Tampilan Jadwal Pengisian BKD Dosen

Biasanya informasi jadwal akan terlihat seperti ini (Contoh Jadwal BKD Semester Ganjil 2023/2024):
  • Penarikan Kinerja dari 01 September 2023 sampai 29 Februari 2024
  • Periode Pengisian dari 01 Januari 2024 sampai 10 Februari 2024
  • Periode Penilaian dari 01 Januari 2024 sampai 13 Februari 2024
Selain jadwal yang tertera di laman sister, biasanya jadwal periode BKD juga diumumkan oleh Perguruan Tinggi atau LLDIKTI Wilayah masing-masing. Seperti di LLDIKTI Wilayah 2 pengumuman BKD disampaikan melalui surat seperti pada pengumuman ini


Hindari Pengisian BKD di Akhir Waktu

Pengisian BKD di Sister harus dilakukan mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Usahakan segera melengkapi data di sister yang mendukung laporan BKD anda. Tidak perlu menunggu waktu terakhir untuk mengisi atau melengkapi BKD, karena jika bapak/ibu dosen mengisi BKD di akhir waktu kemungkinan akan menemukan masalah, seperti:
  1. Sistem Error
    • Server aplikasi BKD Sister mungkin kelebihan beban jika banyak Dosen yang mencoba mengisi BKD mereka pada saat yang sama. Hal ini dapat menyebabkan sistem error dan membuat Dosen tidak dapat menyelesaikan pengisian BKD sampai batas waktu yang ditentukan.
  2. Data tidak akurat
    • Jika kita terburu-buru dalam mengisi BKD, mungkin saja dapat membuat kesalahan atau memasukkan data yang tidak akurat. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada saat penilaian kinerja Dosen oleh Asesor.
  3. Stres
    • Pengisian BKD di akhir waktu dapat menyebabkan stres bagi dosen. Karena dikejar-kejar waktu.
Selain masalah-masalah di atas, masalah yang lebih serius adalah jika anda membutuhkan bantuan teknis yang melibatkan orang lain, seperti rekan dosen, Admin BKD, Admin Sister PT maupun Pusat Bantuan SISTER di waktu-waktu terakhir biasanya juga kurang maksimal karena bisa jadi request bantuan juga bertumpuk di mereka. 

Masalah akan lebih parah jika ternyata hari-hari terakhir pengisiann BKD tersebut adalah hari libur, sehingga bantuan teknis dari Admin BKD, Admin Sister PT maupun Pusat Bantuan SISTER juga sulit didapatkan.

Misalnya jika terakhir pengisian BKD adalah tanggal 10 Februari 2024 (Hari Sabtu), kemudian di hari itu anda membutuhkan bantuan teknis ke Pusat bantuan Sister. Anda bisa saya mengajukan bantuan melalui form yang disediakan, namun betapa kagetnya jika ternyata kita akan mendapatkan balasan pesan email seperti pada gambar di bawah ini:

Balasan Email Pusat Bantuan SISTER


Demikian sedikit sharing tentang mengapa kita sebaiknya menghindari pengisian Laporan BKD di Akhir Waktu. Mudah-mudahan laporan BKD bapak/ibu dosen yang membaca tulisan ini lancar dan selesai tepat waktu.... aamiin....
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Hindari Pengisian Laporan BKD di Akhir Waktu dari Jadwal yang Telah Ditetapkan"

Support blog ini melalui saweria.co