Widget HTML #1

Sharing Pemanfaatan Elearning Bersama Dosen Filkom UNIVED Bengkulu

Alhamdulillah, hari ini Kamis, 5 Februari 2024 diberi kesempatan sharing tentang pemanfaatan Elearning bersama dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu. Jadi ceritanya begini, beberapa hari yang lalu Fakultas Ilmu Komputer berkoordinasi dengan UPT. Pusat Komputer UNIVED Bengkulu terkait pelatihan Elearning bagi dosen Filkom UNIVED. Dalam koordinasi tersebut disepakati untuk pelaksanaan Pelatihan Elearning di hari ini dan Ka. UPT. Pusat Komputer menunjuk saya sebagai pemateri dalam Pelatihan Elearning tersebut.

Pelatihan Elearning Filkom UNIVED

Acara pelatihan dilaksanakan pukul 08:00-12:00 WIB di Lab. Komputer Universitas Dehasen Bengkulu. Sebagian peserta pelatihan adalah senior-senior saya, bahkan ada yang dulunya adalah dosen saya waktu saya kuliah S1 di UNIVED Bengkulu. Nah, gimana coba rasanya disuruh jadi pemateri yang pesertanya senior kita dan bahkan dosen kita dulu. Grogi gak tuh?? ya pasti grogi lah dan pasti ada perasaan gak enak. Makanya di awal dan akhir penyampaian materi saya sampaikan "Saya bukan bermaksud menggurui, tapi ini sharing saja, tentu saya sangat mengharapkan saran yang membangun dari bapak/ibu sekalian..". Selain itu saya juga menyampaikan permohonan maaf jika banyak kekurangan dalam penyampaian materinya. Itu saya sampaikan supaya malam ini saya bisa tidur nyenyak.. hehe...

Dalam pelatihan saya sharing tentang pentingnya menggunakan Elearning khususnya Elearning UNIVED, yang salah satunya adalah untuk mendukung program kuliah dengan sistem Hybrid yang merupakan perpaduan kuliah tatap muka dan kuliah online. Setelah itu baru sharing tentang teknis penggunaan platform Elearning UNIVED, dari mulai pengelolan akun/profil masing-masing, pengelolaan kelas seperti mengenrol mahasiswa ke kelas, penambahan materi, diskusi, presensi, penugasan, kuis hingga penilaian aktivitas mahasiswa di elearning.

Selain itu saya juga memberikan contoh bagaimana saya menerapkan elearning dan mengajak atau "memaksa" agar mahasiswa terbiasa dengan perkuliahan di elearning. Ya meskipun tidak mudah, karena memang memindahkan perkuliahan ke platform online itu membutuhkan usaha ekstra dari dosen, seperti menyiapkan materi perkuliahan yang baik sampai dengan penilaian sehingga mahasiswa merasa membutuhkan kelas elearningnya. Selain materi dalam bentuk file atau page, terkadang juga perlu menyiapkan video yang dapat memperjelas materi yang disampaikan.

Saya juga sempat memberikan saran agar bukan hanya kemampuan teknis penggunaan elearning yang dikuasai, tapi bagaimana mengembangkan media pembelajaran yang baik untuk mengisi konten elearning itu juga sangat penting.

Acara pelatihan diawali dengan pembuakaan, sambutan dari Dekan Filkom, sambutan dari Ka. UPT. Pusat Komputer, pemaparan materi dan penutup. Setelah ditutup, kamipun berfoto bersama untuk kenang-kenangan.

Pelatihan Elearning UNIVED

Oh iya sambil pelatihan kami juga makan snack yang disediakan panitia. Setelah selesai pelatihan, saya meracik kopi dan gula di gelas dan menuangkan air ke gelas, tapi sayang gelas terasa dingin, saya celupkan jari ke airnya, tetap terasa dingin, ntah tangan saya yang terlalu dingin karena diruang AC atau airnya memang dingin? yang jelas saya tidak jadi minum kopi dan memilih pulang karena anak saya sudah di halaman sekolahnya.

Hmm... begitulah...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Sharing Pemanfaatan Elearning Bersama Dosen Filkom UNIVED Bengkulu"

Dapatkan Desain Produk Desain Huruf Hijaiyah dan Source Code Program PHP DI SINI