Jumat, 03 Agustus 2018

Cara Mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi

Tags

Cek Akreditasi
Cara mengetahui akreditasi perguruan tinggi dapat dilakukan secara online malalui website Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Apa itu BAN-PT...?

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi", dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Akreditasi_Nasional_Perguruan_Tinggi.

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke pendidikan tinggi biasanya status akreditasi baik akreditasi institusi maupun program studi selalu menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Biasanya nilai akreditasi berbanding lurus dengan kualitas perguruan tinggi dan program studinya.

Langsung saja berikut cara mengecek akreditasi perguruan tinggi:
Pertama (1) - Masuk ke url : http://banpt.or.id
Situs BAN-PT
Kedua (2) - Scroll ke bawah dan cari menu DIREKTORI, klik pada Tombol Institusi untuk melihat Akreditasi Institusi (Perguruan Tinggi). Sedangkan untuk Mencari Akreditasi Program Studi maka silahkan Klik pada tombol Program Studi.
Klik Tombol Institusi
Ketiga (3) - Masukkan kata kunci untuk mencari nama perguruan tinggi/Program Studi, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Mencari Akreditasi Institusi/Perguruan Tinggi
Masukkan Kata Kunci Nama Perguruan Tinggi

Mencari Akreditasi Progam Studi
Masukkan Kata Kunci Perguruan Tinggi dan Program Studi
Pada hasil pencarian ini kita dapat memfilter berdasarkan perguruan tinggi, program studi, jenjang/strata, wilayah, no. sk dan lain sebagainya. Pada halaman ini juga dapat kita lihat Tanggal kadaluarsa atau masa berlaku akreditasi baik perguruan tinggi ataupun program studi.

Demikian Cara Mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi, jadi tidak perlu bingung lagi dengan status akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang ingin anda ketahui. Semoga bermanfaat..



Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon