Kamis, 02 Agustus 2018

Mencari Profil Perguruan Tinggi di Indonesia

Tags

Untuk mencari profil perguruan tinggi di indonesia kita dapat menggunakan laman FORLAP DIKTI atau PD DIKTI. FORLAP DIKTI atau PD DIKTI merupakan pangkalan data online yang diluncurkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau lebih dikenal dengan Kemristekdikti. Melalui portal ini kita dapat mengakses data perguruan tinggi, program studi, mahasiswa, alumni dan berbagi aktivitas akademik di perguruan tinggi. Data yang ada pada Forlap DIKTI dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi dengan cara melakukan pelaporan data setiap periode akademik.

Data pada pangkalan data ini sering digunakan sebagai sumber rujukan data seperti pada saat penerimaan CPNS, penerimaan karyawan di perusahaan-perusahaan dan aktivitas lainnya. Untuk memulai melalukan pencarian Profil Perguruan Tinggi ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama (1) - Silahkan mengakses url https://forlap.ristekdikti.go.id
Kedua (2) - Klik Menu Pencarian DataProfil PT
Pencarian Profil Perguruan Tinggi
Ketiga (3) - Silahkan isi form pencarian, seperti Provinsi, Lingkup Koordinasi, Jenis Perguruan Tinggi, Status Perguruan Tinggi, Kata Kunci dan juga Anda harus masukkan kode captcha yang tertera dengan benar.
Lengkapi Form Pencarian
Keempat (4) - Jika form pencarian sudah diisi silahkan klik tombol Cari Perguruan Tinggi, dan hasil pencarian akan ditampilkan seperti berikut:
Hasil Pencarian PT
Kelima (5) - Untuk melihat profil per perguruan tinggi silahkan klik pada Nama Perguruan Tinggi, dan untuk kembali ke form pencarian klik tombol Review Pencarian di bagian atas. Setelah di klik Nama Perguruan Tingginya, akan ditampilkan profil perguruan tinggi seperti gambar berikut ini:
Profil Perguruan Tinggi
Di bagian bawah halaman profil juga terdapat daftar Program Studi, seperti tampilan gambar berikut:
Daftar Program Studi
Kita juga dapat mengklik nama Program Studi untuk melihat detil profil program studi masing-masing. Baik, itulah cara mencari profil perguruan tinggi di Indonesia.

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.

2 komentar

semoga bermanfaat gan bagi yang penasaran dengan profil perguruan tinggi...


EmoticonEmoticon