Sabtu, 06 Oktober 2018

Solusi Apabila Nomor Ijazah Anda Tidak Terdaftar di Sivil Kemenristekdikti

Tags


Sodara sekalian yang sedang bingung karena Ijazahnya tidak ditemukan atau tidak tedaftar di Sistem Verifikasi Ijazah Kemenristekdikti. Saya hanya ingin berbagi bagaimana solusi apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar di Sivil Kemenristekdikti. Ini berdasarkan pengalaman saya, beberapa hari yang lalu saya pernah menulis tentang Pastikan Keabsahan Ijazah Anda melalui SIVIL KEMENRISTEKDIKTI dan ketika saya melakukan pengecekan ijazah Sarjana saya Alhamdulillah nomor ijazah saya ditemukan, sedangkan ketika saya cek nomor ijazah Master saya ternyata hasilnya tidak ditemukan.

Kita pasti merasakan, sejak mulai ada pengumuman tentang dibukanya penerimaan CPNS tahun 2018 ini, maka beberapa situs/web pemerintah sangat sulit diakses, seperti situs SIVIL RISTEKDIKTI (ijazah.ristekdikti.go.id) dan juga web Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (forlap.ristekdikti.go.id). Dengan alasan inilah saya harus mencari waktu yang tepat untuk melakukan tindakan sesuai dengan yang tertera di laman SIVIL RISTEKDIKTI:
Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.
Ya dari informrasi di atas dan sesuai dengan pengalaman saya pribadi, maka Solusi Apabila Nomor Ijazah Anda Tidak Terdaftar di Sivil Kemenristekdikti adalah sebagai berikut:


Pertama (1) - Cari kontak perguruan tinggi yang menerbitkan Ijazah anda.

Kedua (2) - Menghubungi perguruan tinggi dari nomor kontak yang valid, dalam hal ini saya melakukannya memalui komunikasi Whatsapp, Anda dapat melakukannya melalui media komunikasi yang lain seperti telpon, sms, email, atau datang langsung ke perguruan tinggi masing-masing. Pastikan anda melakukan komunikasi dengan bahasa yang sopan dan pilih waktu yang tepat (jam kerja). 
Berikut adalah contoh komunikasi yang saya lakukan via Whatsapp:


Pastikan anda mengucapkan salam dan memperkenalkan diri sebelum menyampaikan tujuan komunikasi anda. Lampirkan juga foto atau file pendukung supaya lawan komunikasi anda tidak bingung untuk memahami maksud anda menghubunginya.

Ketiga (3) - Menunggu jawaban dari pihak Perguruan Tinggi. Dalam tahapan ini, saya sarankan untuk mempersiapkan hati anda untuk sabar menunggu jawaban, karena bisa jadi bukan hanya anda yang sedang dilayani. Sambil menunggu anda bisa melakukan hal-hal bermanfaat lainnya. 
Dari komunikasi yang saya lakukan alhamdulillah setelah sekitar 2 jam saya mendapat jawaban seperti gambar di bawah ini:
Jawaban Komunikasi Whatsapp
Dari jawaban itu sebenarnya saya diarahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang saya yakin Beliau adalah petugas PD-DIKTI di kampus tersebut. Tapi karena di bawahnya saya diminta mengirimkan foto ijazah, ya saya memilih untuk mengirimkan foto dan kemudian menanyakan apakah saya masih harus menghubungi kontak lainnya atau tidak?

Alhamdulillah..., jawabannya adalah saya tidak perlu menghubungi kontak yang lain dan laporan saya akan diproses.

Keempat (4) - Ucapkan terima kasih atas respon dari peguruan tinggi anda, dan selanjutnya tunggu prosesnya selesai.

Kelima (5) - Sambil menunggu anda bisa pantau status prosesnya dengan mengecek kembali ijazah anda di Sivil Ristekdikti beberapa hari kemudian. Saya melakukan pengecekan lagi dihari berikutnya dan alhamdulillah hasilnya adalah Ijazah saya ditemukan (namun ada kesalahan dalam penulisan nama).
Ijazah ditemukan
Keenam (6) - Informasikan status ijazah anda dan ucapkan terima kasih.
Ucapkan terima kasih

Begitulah Solusi Apabila Nomor Ijazah Anda Tidak Terdaftar di Sivil Kemenristekdikti, mudah-mudahan bermanfaat. Intinya kita harus berkomunikasi dengan baik dan sopan insyaAllah akan ditemukan solusi tebaik.

Silahkan beri komentar di bawah postingan ini jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin memberikan saran...

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon