Sabtu, 08 Desember 2018

Sertifikat Kelulusan Kursus Keuangan Syariah di IndonesiaX

Beberapa bulan yang lalu saya memposting tentang Kursus Keuangan Syariah di IndonesiaX. Alhamdulillah saya mengikuti kursusnya hingga selesai dengan mengerjakan semua tes yang diberikan dalam kursus tersebut. 
Setidaknya dari kursus ini saya belajar tentang transaksi-transaksi yang dilarang dalam islam seperti riba, gharar, maysir, riswah,ihtikar, bai najasy, dan lain sebegainya. Meskipun lumayan sulit memahami semua materinya, namun perlahan ada juga yang nyantol dan berusaha untuk diamalkan dan semoga tetap istiqomah.
Sampai kursus berakhir, Alhamdulillah materi dan ujian selesai saya ikuti dan memenuhi syarat untuk lulus dan mendapatkan sertifikat. Namun, untuk mendapatkan sertifikatnya saya harus bayar sebesar 250rb.
Certificate
Gambar sertifikat ini saya pasang bukan bermaksud riya' atau pamer, tapi tujuan saya adalah untuk menguatkan saya dalam mengamalkan ilmu yang telah saya dapatkan dari kursus ini. Sertifikat ini tidak ada gunanya dari sisi materi, tapi dengan adanya sertifikat ini setidaknya saya akan selalu ingat bahwa ada banyak transaksi yang dilarang dalam islam dan saya sudah pernah mempelajarinya, maka saya harus berusaha untuk menghindari transaksi-transaksi yang dilarang itu.

Supaya lebih bermanfaat di bawah ini saya bagikan ringkasan materi (transkrip) pada kursus keuangan syariah ini.

Materi Minggu 1:

Materi Minggu 2:


Catatan :
Kedua ringkasan materi diatas dibuat oleh IndonesiaX dan sengaja saya bagikan supaya lebih luas manfaatnya.

Seorang yang biasa saja, berprofesi sebagai pengajar dan Praktisi IT Bidang Networking dan Software Development.


EmoticonEmoticon