Widget HTML #1

Cara Mudah Membuat Konten Video Pembelajaran di Youtube (Persiapan)

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube? Setiap hari, miliaran video ditonton di YouTube. Bahkan berdasarkan survei We Are Social disebutkan 150 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial (medsos). Dan dari beragam media sosial tersebut, Youtube menjadi platform yang paling banyak dikunjungi atau diakses yaitu mencapai 88 persen dari total pengguna media sosial pada tahun 2019.
Channel Youtube Konten Pembelajaran
Konten-konten video di youtube juga beragam, mulai dari konten hiburan seperti musik dan game. Selain itu juga berbagai video pembelajaran dari berbagai bidang ilmu banyak kita temukan di Youtube.

Bagi kalian yang hobi berbagi ilmu pengetahuan, mungkin dapat juga membagikan ilmu kalian melalui youtube. Apalagi jika kalian Dosen atau Guru, membuat konten pembelajaran yang di bagikan di Youtube adalah hal yang sangat bermanfaat, karena bisa menyumbangkan ilmu pengetahuan yang kalian miliki untuk mereka yang berselancar mencari ilmu di media sosial ini. Nah.., terus bagaimana cara membuat konten video pembelajaran untuk di bagikan di Youtube? Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips sederhana tentang cara pembuatan konten video pembelajaran.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu kalian lakukan untuk memulai pembuatan konten video pembelejaran.

Persiapan dan Perencanaan

Pada tahap ini yang perlu kalian perhatikan adalah kalian harus:
  1. Mempunyai topik/materi yang akan disampaikan sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai. Materi yang disampaikan tidak harus materi yang kelas berat, sampaikan saja materi yang ringan atau basic, karena banyak pengguna yang belajar di internet mencari materi-materi yang ringan. Dengan menyampaikan materi yang ringan maka jangkauan konten kalian akan lebih luas. 
  2. Memecah atau membagi materi-materi yang ada menjadi silabus, Contoh konten video pembeajaran tentang Microsoft Excel, kalian bisa membagi menjadi beberapa bagian video dengan durasi yang tidak terlalu panjang
  3. Menentukan Delivery Style, yaitu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut. Ada beberapa cara menyampaikan materi menjadi sebuah video pembelajaran:
    • Screen Casting yaitu dengan cara merekam layar laptop atau pc, biasanya ini digunakan untuk membuat tutorial software, desain pemrograman komputer dan sebagainya. Cara ini cukup mudah, tinggal siapkan softwarenya, siapkan materinya, dan mulai merekam dengan mic yang bagus sehingga suara yang dihasilkan juga cukup baik. Contoh
    • Screen Casting dengan Pen Tables. Ini adalah screen casting yang ditambah dengan menulis di layar menggunakan pen tablet. Biasanya digunakan untuk menyampaikan materi yang berisi rumus-rumus seperti matematika.
    • Screen Casting ditambah Web Cam untuk menampilkan wajah kalian di video pembeajaran yang kalian buat. Cara ini juga cukup bagus karena audiens akan melihat wajah kalian.
    • Free Recording dilakukan dengan merekam kegiatan secara langsung, biasanya untuk mengatasi konten video yang tidak bisa disampaikan dilayar, seperti video praktek kesehatan.
    • Top Recording. Cara ini dilakukan dengan cara menulis di kertas dan di rekam menggunakan kamera. Cara ini juga cukup unik, biasanya digunakan untuk video pembelajaran menggambar, atau bisa juga digunakan untuk belajar rumus-rumus matematika.
  4. Membuat rencana Script atau Storyboard yang ditulis tangan atau bisa juga diketik dalam Microsoft Word atau aplikasi lain. Hal ini penting dilakukan supaya pada saat proses rekaman bisa lancar dan tidak kebanyakan mikir. (Ya meskipun saya sendiri jarang menggunakan ini)
Oke, jadi itu yang perlu kalian lakukan di tahap persiapan dan perencanaan.

Kebutuhan Hardware

Untuk kebutuhan hardware tentu disesuaikan dengan konten yang akan dibuat dan juga dana yang ada untuk menyediakan hardwarenya. Selain komputer atau laptop, persiapan mini studio untuk tempat rekaman adalah hal penting, dengan beberapa peralatan berikut : Microphone Condenser, Stand Mic, Mouse, Wacom Pen Tablet jika akan menulis di layar dan dibutuhkan kamera jika ingin membuat konten Free Recording atau Top Recording.

Kebutuhan Software

Untuk software ini tentu disesuaikan dengan delivery style atau bagaimana kita akan menyampaikan materinya. Untuk Screen Casting saya biasa menggunakan Camtasia, CamStudio atau OBS. Untuk Camtasia sendiri sudah dilengkapi dengan software recorder dan Video Editor, sehingga software ini cukup mudah dan banyak digunakan oleh para pembuat video pembelajaran berbasis Screen Casting. Namun jika membutuhkan Video Editor yang lebih mumpuni, untuk mengedit video hasil rekaman kamera (Free Recording atau Top Recording) maha software yang lumayan ringan dan mudah digunakan ada Wondershare Filmora. Kalau mau yang lebih profesional lagi kalian bisa menggunakan Adobe Premiere.

Mulai Pembuatan (Praktik)

Jika persiapan telah selesai, selanjutnya adalah praktik pembuatan video pembelajarannya. Insya Allah bagian ini nanti akan dibahas pada postingan khusus yaitu bagaiana merekam layar dengan camtasia maupun OBS.  Baca : Praktik Membuat Konten Video Pembelajaran dengan Camtasia.

Publish Konten Video Kalian

Sesuai dengan judul postingan ini, publis konten video pembelajaran dilakukan di Youtube. Kalian harus membuat Channel di Youtube untuk dapat mengupload Video Pembelajaran yang telah kalian buat. Baca : Cara Membuat Channel Youtube dan Mengupload Video di Channel Youtube.

Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. InsyaAllah saya akan menjawab semampu saya.. Terima kasih.
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

12 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Konten Video Pembelajaran di Youtube (Persiapan)"

Comment Author Avatar
Mau tanya kak..klu screen casting dg pen tables itu harus pakai tablet ya?trima kasih
Comment Author Avatar
bukan tablet, tapi memang menggunakan pen tablet untuk mempermudah menulis nya...
Comment Author Avatar
nama aplikasinya apa ya kak?
Comment Author Avatar
Untuh rekam screen bisa pakai Camtasia atau OBS Studio
Comment Author Avatar
Mau menambhkan pertanyaan dr NA pak, kalo pen tabletnya sendiri yg biasa digunakan apa ya pak, beli dimana+harganya brp?
Terus apakah pen tablet itu bisa digunakan di semua jenis laptop?
Terima kasih pak, mohon jawabannya 😁
Comment Author Avatar
Assat..maaf mas mohon bimbingannya,sy seorang guru matematika.sy ingin buat konten materi dan contoh soal matematika.mengingat kondisi wabah bgini,kira2 alat apa yg harus sy siapakan,namanya apa,dan aplikasi apa yg bagus unk pembuatan Vidio matatika
Comment Author Avatar
Share aja :

Saya pake microsoft whiteboard untuk media menulis,
Pentablet pakai wacom 472...

Rekam pakai camtasia...boleh cek contohnya di Yt : Mr Jul mathtutorial

Mksh
Comment Author Avatar
Terima kasih buat pemilik blog ini yakni bapak Hari Aspriyono yang sudah memposting artikel ini. Saya sangat senang menemukan artikel ini setelah berselancar di internet. Saya guru yang tidak lama lagi bakal pensiun kira2 lagi dua tahun tapi karena tuntutan jaman saya harus berusaha mengikutinya meskipun sulit bagi saya untuk mengejarnya.
semoga artikel2 yang bermanfaat akan lebuh banyak muncul di blog ini.

Salam sehat kita semua.
Comment Author Avatar
Kak, kalau kita mengambil materi dari internet (blog) untuk kepentingan konten YouTube apakah diperbolehkan ?
Comment Author Avatar
Yang penting mencantumkan referensinya di konten youtubenya...
Comment Author Avatar
Kak kalau pakai mic buat rekam suara pakai yg merk apa ya biar bagus hasil rekamannya. Terima kasih
Comment Author Avatar
Kalau yang saya gunakan merk Taffware BM-800

Support blog ini melalui saweria.co