Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian

Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran. Bagi yang belum membacanya silahkan menuju : Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran.

Sebelum saya sajikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian, saya ingin mengingatkan bahwa ini adalah contoh yang mungkin bisa dibaca-baca, namun saya tidak menganjurkan untuk di copy-paste, karena nanti bapak/ibu sendiri yang akan rugi karena ada unsur plagiarisme yang dinilai dalam instrumen deskripsi diri setiap dosen yang akan disertifikasi.


Bagian B dari instrumen sertifikasi dosen deskripsi diri adalah tentang Pengambangan Keilmuan/Keahlian. Pada bagian B ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu:

  • B.1. Sebutkan publikasi karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.
  • B.2. Berikan CONTOH NYATA konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.

Berikut ini adalah Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian:

B.1. Sebutkan publikasi karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.

6. Publikasi karya ilmiah

Sebagai seorang dosen saya memiliki tugas tri darma pada perguruan tinggi. Selain mengajar saya juga wajib melakukan penelitian yang menghasilkan karya ilmiah dan terpublikasi. Adapun karya- karya  ilmiah  yang  saya  hasilkan  adalah:  (1).  Aplikasi  Real-Time  Monitoring  Kehadiran Karyawan Terintegrasi Dengan Fingerprint System Pada Universitas Dehasen Bengkulu yang terbit  pada  Jurnal  terakreditasi:  ILKOM  Jurnal  Ilmiah  -  Universitas  Muslim  Indonesia  (UMI) Makassar, Hal: 260-266 , Vol 10, No 3 (2018), p-ISSN: 2087-1716, e-ISSN: 2548-7779, Penulis Utama (Ketua), Url: http://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/352, DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v10i3.352.260-266 (2). Pengembangan Server Siakad Universitas Dehasen Bengkulu Menggunakan High Availability Clustering Dan MySQL Database Replication  yang  terbit  pada  JIK:  Jurnal  Ilmu  Komputer  -  Pusat  Pengelola  Jurnal  Ilmiah Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta, Hal: 104-113 , Vol 1, No 2 (2016), ISSN: 1613-5373, Penulis Tunggal, Url : https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Komp/article/view/1864 (3). Implementasi   Software   Open   Source   Dalam   Membangun   Intranet   Sekolah   Menengah Kejuruan  (SMK)  Negeri  1  Kepahiang  yang  terbit  pada  JIK:  Jurnal  Ilmu  Komputer  -  Pusat Pengelola Jurnal Ilmiah Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta, Hal: 104-113 , Vol 2, No 2 (2017), ISSN: 1613-5373, Penulis Utama  (Ketua), Url: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Komp/article/view/2191 (4). Intranet Berbasis Opensource Sebagai Solusi Pusat Data (Data Center) Untuk Sekolah Di Pedesaan Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Kesehatan (SNATIK) 2017, ISBN : 978-602-278-045-8, Url: http://bit.ly/2KHfjOS


7. Makna dan kegunaan

Saya sangat menyadari bahwa karya ilmiah yang baik itu salah satu kriterianya adalah bermanfaat. Sehingga karya ilmiah yang saya hasilkan bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan tugas saya sebagai  dosen  tapi  juga  harus  memberikan  manfaat  yang  baik  bagi  semua  kalangan,  seperti mahasiswa, dosen, dan masyarakat luas. Karya ilmiah yang berjudul “Pengembangan Server Siakad Universitas Dehasen Bengkulu Menggunakan High Availability Clustering Dan MySQL Database  Replication† saya  hasilkan  dari  kesadaran  saya  atas  pentingnya  ketersediaan  akses (availability) terhadap data akademik bagi universitas. Alhamdulillah dengan implementasi High Availability  Clustering  Dan  MySQL  Database  Replication,  ketersediaan  (availability)  dapat meningkat dan ini adalah manfaat yang baik yang dapat diterapkan juga pada server-server lain baik  di  universitas  atau  diluar  universitas.  Selanjutnya  adalah  karya  ilmiah  saya  tentang Implementasi  Software  Open  Source  Dalam  Membangun  Intranet  Sekolah  tentu  ini  sangat bermanfaat sekali karena di indonesia masih banyak sekolah di pelosok desa yang belum memiliki akses internet yang memadai sehingga intranet menjadi solusi yang baik, selain itu implementasi open source juga memberikan manfaat yang luar biasa dimana dapat mengurangi biasa pembelian sofware premium, dan dengan hasil karya ilmiah ini dapat menjadi referensi masyarakat untuk membangun intranet di daerahnya. Selanjutnya karya ilmiah yang berjudul “Aplikasi Real-Time Monitoring  Kehadiran  Karyawan  Terintegrasi  Dengan  Fingerprint  System  Pada  Universitas Dehasen Bengkulu†ini sangat bermanfaat bagi lembaga pendidikan atau kantor pemerintahan yang ingin melakukan monitoring kehadiran karyawan secara realtime dan terintegrasi dengan mesin  fingerprint,  sehingga  kehadiran  karyawan  langsung  tampil  pada  layar  monitor  lengkap dengan status kehadirannya, tepat waktu, terlambat, atau tidak hadir.


8. Nilai inovatif

Nilai  inovatif  dari  penelitian  yang  saya  lakukan  diantaranya  adalah  dari  penelitian  tentang Aplikasi Real-Time Monitoring Kehadiran Karyawan Terintegrasi Dengan Fingerprint System Pada Universitas Dehasen Bengkulu, didalamnya saya menerapkan beberapa teknik atau metode baru dalam teknologi aplikasi web yaitu web service (API), sehingga data yang ada pada mesin fingerprint dapat langsung didownload oleh aplikasi secara otomatis untuk diolah dan ditampilkan pada layar secara realtime, dimana kebanyakan dari sistem absensi fingerprint, datanya hanya dapat ditarik secara manual untuk menghasilkan rekap kehadiran setiap bulan. Penelitian yang berjudul Pengembangan  Server  Siakad  Universitas  Dehasen  Bengkulu  Menggunakan  High Availability Clustering Dan MySQL Database Replication ini juga memiliki nilai inovatif yaitu dalam hal proses backup data server menjadi lebih cepat dan efisien, menaikkan nilai availability (ketersediaan)  akses  server,  dan  membuat  proses  maintenance  server  dapat  dilakukan  tanpa mengganggu aktivitas layanan ke pengguna. Kemudian nilai inovatif dari penelitian yang berjudul Implementasi   Software   Open   Source   Dalam   Membangun   Intranet   Sekolah   Menengah Kejuruan  (SMK)  Negeri  1  Kepahiang  adalah  dapat  menciptakan  model  teknologi  intranet dengan biaya yang murah, namun dapat merubah cara konvensional dalam pembelajaran di sekolah menjadi cara modern dengan penerapan opensource seperti blog, elearning dan lain-lain, dan yang lebih hebat lagi ini dapat diterapkan di sekolah pedesaan meskipun belum ada koneksi internet.


B.2. Berikan CONTOH NYATA konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.

9. Konsistensi

Dalam aktivitas saya sebagai dosen saya harus menjaga konsistensi dalam pengembangan keilmuan dan keahlian saya. Dengan latar belakang keilmuan sarjana komputer, saya memutuskan untuk melanjutkan studi pada jurusan magister komputer, ini merupakan salah satu wujud nyata bahwa saya konsisten untuk mengembangkan kelimuan dan keahlian saya dalam bidang ilmu komputer. Dalam bidang pengajaran saya mengajar mata kuliah pemrograman berorientasi objek, pemrograman web dan basis data sehingga saya selalu mengupdate ilmu pengetahuan saya untuk menunjang mata kuliah yang saya ajar, diantaranya dengan cara membaca buku-buku referensi terbaru, bergabung dengan forum-forum IT di internet seperti Grup Diskusi PHP Indonesia, MySQL Indonesia, Belajar GNU/Linux Indonesia, dan berbagai Grup IT lainnya. Selain itu masih dalam rangka mengupdate keilmuan dan keahlian saya di bidang ilmu komputer, saya mengikuti training atau pelatihan profesional dalam bidang IT seperti Oracle Academy dalam bidang Oracle Database dan Java Programming. Pada tahun 2015 saya mengikuti training Database Design and Programming With SQL (Oracle Academy), Tahun 2016 saya mengikuti Training Java Fundamental and Programming dan Database Programming With PL/SQL (Oracle Academy). Untuk menjaga konsistensi dalam pengembangan keilmuan dan keahlian saya juga sering melakukan diskusi dengan rekan dosen sejawat, praktisi IT, mahasiswa untuk membicarakan atau mendiskusikan tren teknologi terkini dan perkembangannya. Dalam bidang penelitian saya selalu melakukan penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan saya contohnya dalam pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan pemrograman dan basis data, sehingga dengan penelitian tersebut dapat menambah wawasan saya sebagai dosen, dan menjadi bahan sharing dengan mahasiswa dalam perkuliahan dan juga meberikan manfaat di lingkungan universitas, maupun masyarakat luas.


10. Target kerja

Sebagai dosen tentu saya memiliki target kerja, target kerja yang saya uraikan ini adalah target kerja yang memungkinkan untuk saya realisasikan. Seperti pada saat saya awal mula menjadi dosen saya menargetkan untuk publikasi artikel pada jurnal nasional di tahun 2016, alhamdulillah target itu tercapai dan Artikel saya tentang Pengembangan Server SIAKAD dapat terbit Jurnal Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul Jakarta dan target kedepan saya akan konsisten untuk menerbitkan artikel 2 kali dalam 1 tahun atai minimal 1 kali dalam 1 setahun. Saya juga menargetkan mendapatkan hibah penelitian dari RISTEKDIKTI, alhamdulillah pada tahun 2017 dan tahun 2018 saya berhasil mendapatkan hibah penelitian dari RISTEKDIKTI dengan skim Penelitian Dosen Pemula. Target saya di tahun 2019 ini adalah menerbitkan artikel karya ilmiah di jurnal nasional terakreditasi, dan menyiapkan penelitian untuk publikasi pada jurnal internasional bereputasi dan terindex scopus sehingga di tahun 2020 jurnal internasional bereputasi dan terindex scopus ini dapat diterbitkan. Selain itu saya juga memiliki target untuk menerbitkan buku ber- ISBN di awal tahun 2020. Target saya dalam pendidikan adalah untuk studi lanjut S3 pada bidang ilmu komputer supaya linear dengan bidang ilmu saya di S1 dan S2. Di kampus tempat saya mengajar, saya juga diberikan amanah atau kepercayaan sebagai Ka. Divisi Jaringan dan Sistem Informasi. Dalam bidang ini saya juga menargetkan di pertengahan tahun 2020 sebuah Single Sign On untuk semua sistem informasi yang ada di kampus saya dan juga membuat layanan Executif Information System yang menjadi sumber data rujukan sivitas akademik di kampus tempat saya bekerja termasuk dalam penyusunan borang akreditasi baik Institusi ataupun program studi, sehingga membantu meningkatkan kualitas institusi dalam bidang teknologi informasi.

---------------------------

Demikian Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian. Semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung semuanya.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.
Terima kasih...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian"