Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat

Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 yaitu Bagian A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran dan Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian

Baca :

Sebelum saya sajikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat, saya ingin mengingatkan bahwa ini adalah contoh yang mungkin bisa dibaca-baca, namun saya tidak menganjurkan untuk di copy-paste, karena nanti bapak/ibu sendiri yang akan rugi karena ada unsur plagiarisme yang dinilai dalam instrumen deskripsi diri setiap dosen yang akan disertifikasi.



Berikut ini Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat:

C. Pengabdian Kepada Masyarakat

C.1. Berikan CONTOH NYATA penerapan keilmuan/keahlian Saudara dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Deskripsikan dampak perubahan dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut!

11. Kegiatan PKM

Tahun  2016  saya  bersama  rekan-rekan  dosen  yang  lain  mengadakan  pengabdian  kepada masyarakat  di  MTs  Miftahun  Hidayah  Kabupaten  Seluma  berdasarkan  Surat  Tugas  Nomor: 317B/UNIVED/A-4/2016  dengan  tema  “Pelatihan  Media  Pembelajaran  Berbasis  IT† pada pelatihan tersebut saya mengajarkan kepada para guru untuk membuat media pembelajaran dalam bentuk digital beruba slide presentasi dan animasi. Kemudian di tahun 2017 saya melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penugasan dari Fakultas Ilmu Komputer untuk menjadi Menjadi TIM  JURI  Lomba  Kompetensi  Siswa  SMK  Tingkat  Provinsi  Bengkulu  dengan  Nomor  Surat Tugas: 179/UNIVED.F.1/A-4/IV/2017. Sedangkan di tahun 2018 saya melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk siswa SMA di SMA Negeri 1 Tebat Karai dengan tema Sosilisasi dan Pengenalan Pembelajaran Desain Grafis Untuk Siswa pada SMA Negeri 1 Tebat Karai†dengan surat tugas dengan nomor: 132/Unived. F.1/ E-1/IV/2018. Masih di tahun 2018 saya masuk Sebagai Tim Efektif Proyek Perubahan Meningkatkan Layanan Publik Dengan Sistem Pelayanan Terpadu Di LPMP Bengkulu Tahun 2018, Tim Efektif Proyek Perubahan ini dibentuk oleh LPMP Bengkulu. Berdasarkan surat permohonan Tenaga IT yang ditujukan ke Fakultas Ilmu Komputer, akhirnya pihak Fakultas Ilmu Komputer menugaskan saya untuk menjadi tenaga IT (Programmer) pada  Proyek  Perubahan  Meningkatkan  Layanan  Publik  Dengan  Sistem  Pelayanan  Terpadu  Di LPMP  Bengkulu.  Pengabdian  lain  yang  saya  laksanakan  adalah  Menjadi  Programmer  dalam Proyek Perubahan Kejaksaan Negeri Kaur berdasarkan penugasan dari Universitas melalui UPT. Pusat Komputer dengan nomor surat tugas: 07/UPT.PUSKOM/V/2018.


12. Dampak perubahan

Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang saya uraikan sebelumnya pada butir 11, berikut ini adalah beberapa dampak perubahan yang dirasakan. Dari pengabdian dengan tema Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis IT di MTs Miftahun Hidayah Kabupaten Seluma dampaknya adalah para guru memulai mengembangkan media pembelajaran berbasis IT, mengajar dengan slide presentasi dan mengguakan media animasi untuk mata pelajaran tertentu. Dampak perubahan lain dari pengabdian selanjutnya dengan tema Sosilisasi dan Pengenalan Pembelajaran Desain Grafis Untuk Siswa pada SMA Negeri 1 Tebat Karai adalah bertambahnya wawasan siswa tentang ilmu desain grafis, sehingga dapat menunjang dalam pembuatan karya lainnya, di SMA Negeri 1 Tebat Karai Siswa sering mengikuti lomba pembuatan Film Pendek, sehingga ilmu desain grafis dapat diterapkan dalam desain cover film, iklan film dan sebagainya. Sedangkan dampak perubahan dari pengabdian saya menjadi Programmer dalam Proyek Perubahan Kejaksaan Negeri Kaur adalah penerapan sistem informasi barang bukti di kejaksaan negeri kaur, yang sebelumnya data barang bukti disimpan dalam file excel yang hanya dapat dibuka oleh petugas saja. Dengan adanya sistem informasi barang bukti, maka masyarakat dapat melihat barang bukti dan statusnya pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Kaur. Dampak perubahan yang dirasakan dari hasil pengabdian saya di LPMP Bengkulu adalah, LPMP memiliki sistem Unit Layanan Terpadu yang dapat digunakan untuk melayani pemintaan informasi dan konsultasi pendidikan yang dilakukan antara LPMP Bengkulu dengan Lembaga Pendidikan dan Guru di Provinsi Bengkulu. Dampak perubahan dari pengabdian masyarakat, bagi institusi atau Universitas Dehasen Bengkulu adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat dengan institusi untuk menjalin kerjasama dalam bidang IT.


13. Dukungan masyarakat

Bagi saya, dukungan masyarakat menjadi hal yang sangat penting bagi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh seorang dosen. Hal ini juga yang menentukan sebuah pengabdian masyarakat itu berhasil atau tidak dan sebagai tolak ukur apakah pengabdian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atau tidak. Dari beberapa pengabdian masyarakat yang sudah saya lakukan, dukungan dari masyarakat khususnya dari pihak sekolah, kantor kejaksaan negeri kaur dan juga LPMP Bengkulu alhamdulillah sangat baik. Dukungan dari pihak sekolah melalui kepala sekolah mengharapkan pengabdian ke sekolahnya dilakukan secara rutin dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, baik untuk siswa ataupun guru. Dari pihak kampus melalui fakultas ilmu komputer juga memberikan dukungan dan support kepada dosen yang akan melaksanakan pengabdian, dengan harapan keberadaan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas. Selain dukungan dari sekolah, dukungan juga datang dari kantor LPMP Bengkulu dan Kejaksaan Negeri Kaur, pengabdian yang saya lakukan dalam memberikan pemikiran dan keahlian IT khususnya pemrograman yang menghasilkan sistem informasi di kantor-kantor tersebut, mereka benar-benar merasakan manfaatnya, sehingga mereka sangat mendukung dan berkeinginan menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan sistem informasi di lembaganya dan mengadakan pelatihan komputer untuk para pegawai di kantor LPMP Bengkulu dan juga Kejaksaan Negeri Kaur.


C.2. Berikan CONTOH NYATA kemampuan berkomunikasi dan kerjasama yang Saudara tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

14. Kemampuan berkomunikasi

Dalam berbagai aktivitas dosen dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat, menurut saya dosen harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Baik berkomunikasi dengan sesama tim pengabdian masyaarakat yaitu dosen dan mahasiswa, atau dengan masyarakat yang akan menjadi mitra pengabdian. Saya menyadari bahwa kemampuan berkomunikasi masyarakat itu berbeda-beda dari segi bahasa maupun logat bicaranya. Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti sosialisasi atau pelatihan, saya selalu berusaha menggunakan bahasa yang baik, ringan atau menyesuaikan dengan kondisi peserta sehingga materi dapat tersampaikan dan dapat diterima oleh peserta. Jika ada peserta pellatihan yang bertanya, saya menjelaskan dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti. Dalam pengabdian saya di bidang pengembangan sistem informasi, saya sering menemui permintaan fitur aplikasi yang tidak sesuai atau tidak masuk akal, namun saya berusaha untuk tenang dan menjelaskannya dengan bahasa yang sederhana sehingga pendapat saya bisa diterima. Dalam berkomunikasi saya juga berusaha mengontrol emosi, sehingga tutur kata yang keluar dalam komunikasi juga adalah kata-kata yang baik. Dengan harapan pihak yang terlibat dalam komunikasi merasa nyaman dan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar, tujuan tercapai dan masyarakat merasakan manfaat ang luar biasa.


15. Kemampuan kerjasama

Kerjasama di bidang pengabdian masyarakat dapat terjadi antara saya dengan atasan (ketua program studi dan dekan), rekan dosen, mahasiswa, dengan praktisi IT dan masyarakat. Kemampuan untuk kerjasama ini menjadi hal yang penting bagi saya dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat. Dalam pengabdian kepada masyarakat saya bersama rekan dosen dan mahasiswa berusaha untuk bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan. Mulai dari  pembagian tugas masing-masing anggota tim, dalam posisi sebagai anggota saya selalu menerima tugas yang diberikan oleh ketua tim dan berusaha mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab, contoh yang saya lakukan adalah ketika saya diberikan tugas oleh ketua tim untuk menyiapkan materi tentang Desain Grafis dalam bentuk slide presentasi maka saya mengerjakan sesuai dengan tugas itu, kemudian dilokasi pengabdian saya ikut menyiapkan infocus, dan memberikan materi desain grafis bersama anggota tim yang lain. Begitu juga dalam posisi saya sebagai ketua maka saya tidak menjadikan posisi saya sebagai tukang perintah saja, tapi saya juga ikut ambil bagian dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam pengabdian saya sebagai tim pengembang sistem informasi di LPMP Bengkulu, saya bekerja sama dengan tim yang lain untuk mengembangkan aplikasi Unit Pelayanan Terpadu. Tugas saya adalah mendesain database dan programming aplikasi, disinilah daya harus bekerja sama dengan analis sistem sehingga database dan aplikasi dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan pada Unit Layanan Terpadu LPMP Bengkulu.


---------------------------

Demikian Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat. Semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung semuanya.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih...

Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat"