Bagaimana Langkah Menjadi Youtuber Sampai Mendapat Penghasilan

Pernah mendengar istilah Youtuber? atau kalian pernah mendengar kalau youtuber bisa mendapat penghasilan hanya dengan upload-upload video? Nah di postingan sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Mengetahui Penghasilan Channel Youtube Dengan Mudah.

Baik, sebelum masuk ke pembahasan perlu kalian ketahui tentang apa itu Youtube dan Youtuber. Berikut ini definisi Youtube berdasarkan informasi dari Wikipedia, YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. 

Sedangkan Youtuber dikenal sebagai pembuat konten YouTube, yaitu jenis videografer yang membuat video untuk situs web berbagi video YouTube. Nama "YouTuber" mengacu pada individu yang platform utamanya atau satu-satunya adalah saluran YouTube, subhalaman yang dipersonalisasi dari platform berbagi video YouTube.



Baik, setelah kalian tau apa itu Youtube dan Youtuber sekarang saya akan lanjutkan dengan bagaimana langkah-langkah menjadi Youtuber sampai mendapat penghasilan.

1. Membuat Akun Gmail

Langkah pertama adalah membuat akun Gmail. Akun gmail ini digunakan untuk komunikasi kalian dengan Youtube, seperti menerima email pemberitahuan, email konfirmasi dari pihak youtube ke kalian saat kalian mendaftar atau membuat channel Youtube. 

Jika kalian pengguna Android dan kalian bisa install aplikasi via Playstore, itu artinya kalian sudah punya akun gmail, dan kalian bisa cek di smartphone android kalian apa alamat email kalian dan passwordnya. Hal yang penting adalah kalian jangan sampai lupa password email kalian karena ini bisa berakibat tidak baik kedepanya.

Jika kalian belum punya akun Gmail, silahkan Mulai Membuat Akun Gmail.

2. Mendaftar dan Membuat Channel di Youtube

Langkah berikutnya setelah kalian memiliki akun Gmail adalah mendaftar dan membuat Channel Youtube kalian. Kalian tinggal buka situs Youtube.Com kemudian login ke Youtube dengan akun gmail kalian. Setelah itu kalian tinggal klik "Buat Channel" untuk memulai membuat channel youtube kalian. 

Kalian juga dapat menggunakan aplikasi Youtube kalian di android untuk membuat channel dengan mengklik menu "My Channel".

Buatlah nama channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan kamu upload.


3. Membuat Konten Video dan Upload Konten Video Ke Youtube

Setelah channel kalian sudah dibuat, selanjutnya silahkan kalian membuat konten video sesuai dengan bidang kalian masing-masing. Kalian bisa membuat video tutorial, video pembelajaran, video komedi, video berita atau video yang berkaitan dengan aktivitas kalian sehari-hari.

Pastikan video yang kalian buat tidak melanggar pedoman konten video yang dapat dimonetisasi dari Youtube.  Seperti yang tercantum dalam pedoman konten youtube sebagai berikut :
  • Buat sendiri semua elemen video, seperti vlog sehari-hari dan video rumahan, video kreasi sendiri dan tutorial, video musik orisinal, film pendek orisinal. 
  • Pastikan Anda memiliki semua hak yang diperlukan untuk menggunakan semua elemen visual yang dibuat secara komersial.

4. Monetisasi Channel Youtube

Setelah kalian memiliki channel youtube dan mengupload video-video kreatif kalian, tahap selanjutnya adalah Monetisasi Channel Youtube. Apa itu monetisasi? Monetisasi adalah proses menghasilkan uang dari video-video Youtube yang kalian unggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan di dalam video.

Di tahap inilah channel kalian harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh youtube dengan syarat wajib yaitu Channel Youtube kalian sudah memiliki minimal 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang Waktu Publik.

Setelah syarat itu terpenuhi, kalian dapat melakukan pengajuan monetisasi. Adapun beberapa tahapan monetisasi sebagai berikut :
  • Menyetujui Term of Condition
  • Mendaftar Google Adsense, yang akan kalian gunakan sebagai perantara penghasilan youtube kalian.  AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.
  • Melengkapi Identitas seperti nama dan alamat pengiriman surat. Alamat pengiriman surat digunakan oleh Google saat pengiriman PIN untuk memastikan bahwa benar akun yang kalian daftarkan adalah milik anda.
  • Peninjauan dari Youtube, terkait bagaimana kalian mendapatkan subscriber dan juga jam tayang. Selain itu juga Youtube akan meninjau kelayakan video-video kalian untuk Program Partner YouTube (YPP). Waktu peninjauan juga berbeda-beda, ada yang menyampaikan waktu peninjauan ini tergantung dengan antrian pengajuan yang masuk ke Youtube dll. Baca Juga : Menunggu Hasil Peninjauan Akun Youtube.
  • Setelah peninjauan selesai, dan youtube menerima channel kalian untuk Program Partner YouTube (YPP), kalian sudah bisa mulai mendapat penghasilan dari Channel Youtube kalian.

5. Promosi dan Update Konten Video

Sebenarnya promosi dan update konten ini sudah harus dimulai sejak kalian mulai membuat channel youtube, supaya konten kalian banyak ditonton dan kalian mendapatkan subscriber. Namun promosi dan update konten ini harus dilakukan terus menerus jika kalian ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Baik, demikian postingan tentang Bagaimana Langkah Menjadi Youtuber Sampai Mendapat Penghasilan. Mudah-mudahan ada manfaatnya atau setidaknya bisa memotivasi kalian supaya dapat memanfaatkan waktu luang kalian untuk membuat sesuatu yang bermanfaat daripada sekedar hura-hura atau menghabiskan waktu untuk hal yang kurang manfaat.

Jika kalian sudah menjadi Youtuber dan Mendapat Penghasilan, silahkan beralih ke postingan lain atau berikan masukan tentang postingan ini di kolom komentar.

Salam....

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Langkah Menjadi Youtuber Sampai Mendapat Penghasilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel