Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan

Masih tentang Instrumen Sertifikasi Dosen Deskripsi Diri. Jika sebelumnya saya telah posting contoh isian deskripsi diri dosen yang lulus sertifikasi 2019 bagian A, B, C, dan D. Kali ini saya akan lengkapi dengan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan.

Baca:

  1. Bagian A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran
  2. Bagian B. Pengembangan Keilmuan/Keahlian
  3. Bagian C. Pengabdian Kepada Masyarakat
  4. Bagian D. Manajemen/Pengelolaan Institusi

Sekali lagi saya mengingatkan:

Sebelum saya sajikan Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, saya ingin mengingatkan bahwa ini adalah contoh yang mungkin bisa dibaca-baca sebagai referensi, namun saya tidak menganjurkan untuk di copy-paste, karena nanti bapak/ibu sendiri yang akan rugi karena ada unsur plagiarisme yang dinilai dalam instrumen deskripsi diri setiap dosen yang akan disertifikasi.

Berikut ini adalah Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan:


E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan

E.1. Berikan CONTOH NYATA peran Saudara sebagai dosen, baik berupa kegiatan maupun pemikiran dalam meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa dan bagaimana dukungan institusi dalam implementasinya.

21. Peran pada kegiatan mahasiswa

Kegiatan mahasiswa yang utama adalah kegiatan akademik, dalam hal ini saya berperan sebagai Dosen Pembimbing Akademik. Peran saya sebagai dosen pembimbing akademik adalah  saya selalu memantau aktivitas akademik mahasiswa melalui SIAKAD Universitas, saya biasa melihat status keaktifan mahasiswa, riwayat nilai mahasiswa sehingga pada saat bimbingan tatap muka, saya dapat memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa supaya mereka dapat menyelesaikan studinya dengan baik. Pengambilan mata kuliah di awal semester (Pengisian KRS) juga sangat penting, sehingga saya selalu mengecek mata kuliah yang diambil dalam KRS dengan tujuan supaya mahasiswa tidak kesulitas menjalani kuliah dengan mata kuliah yang dipilih. Selain kegiatan akademik, kegiatan mahasiswa di Universitas Dehasen Bengkulu sangat banyak, mahasiswa sering mengadakan kegiatan berupa seminar, kelompok belajar mingguan dan berbagai kegiatan lainnya. Sebagai dosen, tentu saya sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang bermanfaat. Peran saya pada kegiatan mahasiswa salah satunya adalah menjadi pemateri dalam Seminar Website yang diadakan oleh Mahasiswa di Universitas Dehasen Bengkulu yang dilaksanakan pada tahun 2015, pada kegiatan seminar itu saya menyampaikan materi tentang pengenalan web, profesi web developer, hingga masalah teknis pengembangan website kepada mahasiswa peserta seminar. Selain itu saya juga menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan kelompok belajar mingguan untuk materi pemrograman (web programming dan desktop programming) yang diselennggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika  (HMTI) pada tahun 2018.


22. Implementasi peran

Untuk implementasi peran saya pada kegiatan mahasiswa, saya sangat bersyukur, Universitas Dehasen Bengkulu tempat saya bekerja sangat mendukung terhadap peran dosen dalam kegiatan mahasiswa, hal ini dapat dilihat dari penerbitan SK Penugasan sebagai pembimbing akademik, dukungan sarana dan prasarana, bahkan dukungan dana. Dalam bidang bimbingan akademik, dukungan fasilitas SIAKAD yang diberikan oleh Universitas Dehasen Bengkulu sangat memudahkan dosen pembimbing akademik untuk memantau riwayat aktivitas kuliah mahasiswa bimbingannya, selain itu dalam kegiatan kelompok belajar mingguan mahasiswa yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI), tentu membutuhkan fasilitas berupa lab komputer, karena materi pemrograman yang saya berikan harus didukung dengan cara praktik di lab. Alhamdulillah pihak Universitas melalui UPT. Pusat Komputer memberikan fasilitas lab komputer, yang dilengkapi dengan infocus dan koneksi internet sehingga mahasiswa dapat belajar bersama dengan nyaman. Selain itu untuk mengadakan seminar, tentu saja membutuhkan ruangan, dan dana untuk implementasinya, alhamdulillah kegiatan seminar ini juga didukung oleh pihak universitas sehingga seminar dapat dilaksanakan di Aula Universitas, selain tempat universitas juga memberikan dukungan fasilitas lain seperti fasilitas infocus dan sound system, dukungan dana untuk konsumsi, cetak spanduk, transport pemateri, dan biaya pembuatan sertifikat seminar.


E.2. Berikan CONTOH NYATA interaksi yang Saudara tunjukkan dalam peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa dan manfaat kegiatan baik bagi mahasiswa institusi Saudara, maupun pihak lain yang terlibat.

23. Interaksi dengan mahasiswa

Berinteraksi dengan mahasiswa adalah makanan sehari-hari bagi saya sebagai dosen di Universitas Dehasen Bengkulu. Sebagai dosen saya juga ditunjuk sebagai dosen pembimbing akademik, dan dalam proses bimbingan akademik mahasiswa, saya membuka diri untuk berinteraksi baik secara langsung tatap muka atau melalui media komunikasi lain seperti telpon, sms, wa, telegram dan email. Dalam proses bimbingan mahasiswa, biasanya mahasiswa menceritakan masalah- masalahnya dalam bidang akademik, seperti pengisian krs, kesulitan dalam mengikuti perkuliahan, dan masalah lainnya. Tugas saya sebagai dosen pembimbing akademik adalah memberikan solusi, saran dan masukan kepada mahasiswa. Dengan komunikasi yang baik, maka mahasiswa akan merasa nyaman, senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Dalam kegiatan membimbing tugas akhir / skripsi mahasiswa, saya juga berinteraksi dengan cara yang baik, interaksi juga bisa dilakukan secara tatap muka atau melalui telpon, sms, wa, telegram dan email. Mahasiswa biasanya saya isinkan untuk bertanya dulu tentang keberadaan saya di kampus sebelum berangkat bimbingan sehingga tidak terjadi miskomunikasi, misalkan sudah jauh-jauh mahasiswa datang ke kampus tapi dosen pembimbingnya tidak ada. Namun dalam hal urusan kampus daya tidak mengizinkan mahasiswa untuk datang ke rumah, karena untuk menghindari fitnah-fitnah yang mungkin saja terjadi. Dalam kegiatan mahasiswa khususnya di kelompok belajar mingguan HMTI saya juga berinteraksi dengan mahasiswa dalam menentukan jadwal belajar, konfirmasi jadwal, pemilihan materi belajar, studi kasus yang akan digunakan untuk latihan, sehingga mahasiswa juga semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Saya juga sering menghadiri kegiatan mahasiswa seperti kajian islam yang diadakan oleh UKM Kerohanian Islam, Pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa dan acara lain jika jadwal saya tidak bentrok dengan kegiatan lain yang lebih penting.


24. Manfaat kegiatan

Manfaat kegiatan mahasiswa yang saya berberan di dalamnya tentu sangat banyak sekali, dengan adanya kegiatan seminar website mahasiswa dapat memahami profesi-profesi web developer, dan juga memiliki gambaran teknis pengembangan aplikasi web sehingga mahasiswa dapat memulai menentukan bidang kompetensi yang akan dikuasai dan belajar lebih sungguh-sungguh untuk menjadi web developer yang handal. Kegiatan kelompok belajar mingguan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) juga sangat bermanfaat, selain menambah ilmu pengetahuan tentang pemrograman komputer, mahasiswa juga dapat saling berbagi pengetahuan yang lain dalan kegiatan ini. Selain manfaat bagi mahasiswa kegiatan ini juga membawa manfaat baik bagi institusi, yaitu secara tidak langsung kegiatan-kegiatan mahasiswa dapat mengangkat nama baik institusi karena mahasiswa mendapat ilmu tambahan diluar jam kuliah yang dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang tertentu serta membantu mereka bersaing ketika mereka lulus atau menjadi alumni. Selain itu dengan kegiatan mahasiswa saya sering menyelipkan pengetahuan-pengetahuan lain seperti memanfaatkan internet untuk berbagi pengetahuan dan mencari penghasilan tambahan seperti yang saya lakukan menjadi content creator di youtube dan blog, tentu hal ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Dengan ikut andil memberikan pengetahuan melalui blog dan youtube maka manfaat juga akan dirasakan oleh masyarakat luas.


---------------------------
Demikian Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung semuanya.

Jika ada pertanyaan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih...
Hari Aspriyono
Hari Aspriyono Biasa saja.... Tidak ada yang Istimewa...

Posting Komentar untuk "Contoh Isian Deskripsi Diri Dosen Yang Lulus Sertifikasi 2019 | Bagian E. Peningkatan Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan"